AMBON, Siwalimanews – Kapolresta Pulau Ambon Kombes Pol, Leo surya Nugraha Simatupang mencanangkan Dusun Taeno, Desa Rumatiga, Kecamatan Teluk Ambon sebagai salah Kampung Tangguh Nusantara di Kota Ambon, Kamis (9/7).

Pencanangan kampung tangguh nusantara, binaan Polresta Pulau Ambon ini dilaksanakan di Dusun Taeno Bawah, Kamis (9/7), dihadiri Kapolda Maluku, Irjen Baharudin Djafar, Kasdam VI/Pattimura Brigjen Gabriel Lema, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dan Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Pencanangan Dusun Taeno sebagai kampung tangguh adalah bukti nyata keseriusan Polri dalam membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, lewat peningkatan ketahanan pangan serta upaya bersama dalam memerangi dan memutus mata rantai Covid-19.

Kapolda Maluku, Irjen Pol, Baharudin Djafar kepada wartawan usai kegiatan mengatakan, pencanagan kampung tangguh nusantara merupakan program pusat yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Pencanangan kampung tangguh menurut Kapolda, merupakan wujud kemandirian masyarakat dalam memenuhi kebutuhn sendiri ditengan pandemic Covid-19.

Baca Juga: Kunjungi Tiga Satker, Kapolda Ingatkan Jangan Mudah Dipengaruhi

“Dengan adanya pencanagan ini, kita ingin perlihatkan kepada masyarakat bahwa setiap desa ada kawasan tertentu yang dijadikan kawasan desa tangguh, ini merupakan cara untuk memajukan ekonomi masyarakat di tengah pandemic. Dengan adanya kawasan seperti ini, setidaknya masyarakat tidak bergantung lagi dengan bantuan dari luar secara nasional,” tandas Kapolda.

Menurutnya, kampung tanggung ini bertujuan untuk manjangkau 3 hal, pertama untuk menagkal dampak  penyebaran Covid-19, kedua memajukan ekonomi yang walaupun kecil tapi sangat berarti bagi masyarakat dan ketiga, apabila dua hal di atas dijalankan maka bantuan sosial yang diprogram secara nasional bisa tepat sasaran.

Dusun Taeno sendiri dapat dijadikan kampung percontohan, dengan harapan dimasa akan datang semakin banyak kawasan kawasan serupa.

“Yang diharapkan sebenarnya bukan pencanangan hari ini saja, tetapi bagaimana nanti di masa-masa yang akan datang semakin bertambah dengan adanya kesadaran masyarakat seperti yang diperlihatkan oleh masyarakat yang ada di Dusun Taeno ini,” harap Kapolda.

Selain pencanangan kampung tangguh nusantara, terdapat juga dilakukan panen raya, tebar benih serta bakti sosial berupa pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak Covid – 19 di kawasan tersebut.(S-45)