TIDAK bisa dipungkiri, kantor-kantor pelayanan publik, memang tidak terlepas dari yang namanya praktek calo.

Di Ambon, salah satunya adalah pelayanan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Sejak dulu, sistem pelayanan di kantor ini dikeluhkan, termasuk soal calo.

Beberapa waktu belakangan ini, praktek ini kembali dikeluhkan.

Hal itu juga sejalan dengan pernyataan Sekretaris Kota Ambon dalam apel pagi beberapa hari kemarin, soal adanya laporan praktek calo pada Dinas Capil.

Menanggapi hal itu, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil kota Ambon, Hanny M S Tamtelahitu yang dikonfirmasi, wartawan, di Ambon, Senin (22/7) menjamin,

Baca Juga: Walikota Lantik 10 Pejabat Eselon II

tidak ada lagi praktek calo pada dinas yang dipimpinnya.

Namun jika ada indikasi seperti itu, pihaknya akan menelusurinya.

“Tapi itu bisa saja ada orang atau pihak-pihak yang ingin membuat kejelekan terhadap pelayanan di Dukcapil. Intinya kita tetap berpikir positif dan itu juga merupakan masukan yang baik kami sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya.

Menurutnya, pelayanan yang dilakukan oleh Dukcapil Kota Ambon sudah sesuai prosedur dan tidak ada pungutan apapun dari masyarakat. “Kami melakukan pelayanan dengan hati, sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik. Setiap dokumen yang dimasukkan oleh masyarakat hari itu, kami berusaha untuk menye­lesaikannya hari itu juga,” katanya.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat agar dalam pengurusan, tidak menitipkan dokumen dan lainnya ke pegawai mauoun orang luar, tetapi harus mengurusnya sendiri.

“Karena sekarang ini, datang hari ini, selesai hari ini juga. Jadi msyarakat juga harus perbiasakan untuk datang sendiri. Dan yang terpenting, tidak ada pungutan apapun,”tandasnya. (S-25)