WAKIL Bupati Maluku Tengah, Marlatu L Leleury menghadiri Upacara Peringati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang digelar di Lapangan Upacara Bandar Udara Amahai, Jumat (17/9).
Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wabub Leleury menegaskan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Perhubungan Nasional adalah wujud momentum untuk memperbaiki kinerja aparatur perhubungan di sektor transportasi, sekaligus merefleksikan apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan kemudian untuk memperbaiki sektor transportasi di wilayah kabupaten Pamahanu-Nusa itu.
Menurutnya, tahun 2021 adalah tahun kedua pemerintah dan masyarakat Indonesia termasuk Maluku dan Maluku Tengah menghadapi tantangan Pandemi Covid-19. Hal ini menunjuk pada adanya perubahan tatanan di seluruh sektor transportasi.
“Tentu hal ini adalah momentum yang tetap bagi segenap jajaran instansi dan aparatur perhubungan untuk terus memperbaiki kinerja ditengah Pandemi Covid-19 yang menuntut adanya perubahan tatanan dalam bidang transportasi. Olehnya evaluasi itu merujuk pada pertanyaan apa yang telah kita lakukan dan apa yang nantinya akan kita lakukan kedepan untuk membenahi sektor transportasi di wilayah kita,” tandas Leleury ketika membaca sambutan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Dikatakan, perubahan tatanan transportasi tentu tidak mudah. Hal itu kata dia, perlu kehati-hatian serta Inovasi dan terobosan.
“Kita memiliki tugas yang mulia dalam membangun konektivitas handal dan berdaya saing dan memberikan nilai tambah tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk jangka panjang dimana tantangan yang dihadapi nanti tentu juga akan semakin besar yakni transportasi lanjutan yang ramah lingkungan,” cetusnya.
Ditempat yang sama seluruh jajaran pimpinan Instansi Perhubungan di Malteng, mulai dari Dinas Perhubungan Kabupaten, Kantor Bandar Udara Amahai, Kanpel Amahai, serta BMKG wilayah Malteng berkomitmen akan berupaya keras meningkatkan kinerja di masing masing satuan kerjanya.
“Tentu ini momentum yang sangat baik untuk kita terus berbenah diri membangun kinerja dalam tugas dan peran kita masing masing. Tentu Tema Harhubnas tahun ini adalah Bergerak Harmonikan Indonesia adalah wujud sinergitas insan aparatur Perhubungan, dengan demikian kami pahami bahwa tugas ini memang tidak mudah. Namun tidak ada yang tidak bisa dilakukan jika jika dapat bersinergi bekerja sama membangun Indonesia di sektor perhubungan,” tandas Plt Kadis Perhubungan Malteng, M Picarima.
Senada dengannya Kepala Kantor Bandara Amahai, F Seralurin menegaskan, meskipun banyak tantangan yang dihadapi dalam membangun sektor perhubungan ,namun dengan semangat dan komitmen kerja sama yang baik niscaya upaya pemerintah untuk membangun konektivitas antar wilayah terutama di Maluku Tengah akan dapat dicapai.
“Ini pengalaman pertama kita melakukan giat upacara bersama semua sektor perhubungan, baik laut darat dan udara. Hal ini menunjukkan adanya harmonisasi dalam upaya membangun sektor perhubungan di daerah ini. Kami sadar banyak tantangan yang dihadapi,namun dengan sinergitas serta kerja keras dan dukungan semua pihak,kami yakin tugas kita membangun sektor perhubungan di Maluku tengah dapat tercapai dengan baik,” tukasnya. (S-36)