AMBON, Siwalimanews – Hingga kini ruas jalan saparua menuju negeri haria masih rusak parah dan kondisi ini terjadi sejak lama.

Padahal, itu merupakan jalan provinsi yang mana setiap tahun digelarnya upacara peringatan hari Pattimura, namun pemerintah provinsi belum mampu untuk memperbaikinya.

Menyingkapi masalah itu, Dinas PUPR Maluku baru akan meng­usulkan anggaran rehabilitasi ruas jalan Saparua-Haria pada anggaran tahun 2025 mendatang.

“Dinas PUPR Maluku telah mengusulkan penanganan ruas jalan Saparua memuji Haria di tahun 2025, kata sekdis PUPR Maluku Rivai Notanubun kepada wartawan di Ambon, Jumat (18/10).

Ia menjelaskan di tahun 2023 lalu memang telah dilakukan penanga­nan terhadap ruas jalan tersebut, namun belum tuntas dikarenakan kondisi keuangan daerah.

Baca Juga: Pasar Bula Disulap Jadi Tempat Tinggal

Untuk menyelesaikan ruas jalan ini, Dinas PUPR katanya telah me­ngusulkan penanganan melakukan DAK 2025 mendatangkan.

“Penanganan kita sudah usul masuk dalam DAK 2025 dan masih diverifikasi oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional,” ujarnya.

Jalan dengan ruas panjang 3 km ini menurutnya membutuhkan anggaran sebesar Rp 7 miliar lebih sehingga harus dicover melalui DAK.

“Kita berharap masyarakat tetap bersabar sampai semua proses tuntas dilakukan dan dapat dikerjakan di tahun 2025 nanti,” harapnya. (S-20)