AMBON, Siwalimanews – Personel Polda Maluku dan Kodam Pattimura menggelar apel gabungan sinergitas TNI dan Polri yang berlangsung di Lapangan Letkol Chr Tahapary, Tantui, Ambon, Senin (23/5).

Apel sinergitas TNI dan Polri ini berlangsung dibawah sorotan tema Wujudkan Aman, Damai dan Sejahtera di Maluku tersebut bertindak selaku inspektur upacara Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Pangdam dalam amanatnya menegaskan, apel sinergitas TNI dan Polri merupakan wahana dan sarana untuk terus memperkuat tali silaturahmi, serta kebersamaan antara TNI Polri yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

“Hal ini dilakukan guna lebih meningkatkan soliditas, sinergitas TNI bersama dengan Polri,” ujar Pangdam.

Sinergitas dan soliditas TNI dan Polri merupakan hal yang mutlak dilakukan, sebagai sumber kekuatan strategis dalam rangka menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks, yang pada akhirnya akan memberi rasa aman, nyaman, kepada masyarakat, khususnya di Provinsi Maluku.

Baca Juga: Besok, Empat Penjabat Kepala Daerah Dilantik

Atau yang lebih besar lagi dalam rangka bersama-sama bekerja keras menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebab sepanjang perjalanan sejarah bangsa Indonesia, eksistensi TNI dan Polri sangatlah menentukan kebijakan nasional.

Semangat kerjasama antara TNI dan Polri, merupakan modal utama dalam menyikapi gejala perkembangan terkini yang berubah semakin dinamis, sehingga perlu adanya kegiatan bersama antara keduanya agar semakin solid dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah provinsi Maluku

“Pada kesempatan yang baik ini perkenankan kami selaku Pangdam XVI Pattimura mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kapolda Maluku atas inisiasi serta semangatnya untuk terus bekerja sama, bersinergi, solid dalam rangka menyelesaikan tugas pokok masing-masing,” ucap Pangdam.

Menurutnya, dengan kebersamaan yang solid tersebut, beberapa kegiatan-kegiatan penting maupun kegiatan insidentil serta pelaksanaan Idul Fitri 1443 Hijriyah berjalan aman dan lancar.

Ini semua tentunya karena kerja sama yang baik antara TNI dan Polri serta didukung oleh instansi dan komponen-komponen bangsa lainnya.

“Namun tentunya ke depan kita akan terus meningkatkan monitoring wilayah, shering informasi penting, serta senantiasa menjamin kesiapan operasional, baik personel maupun alutsista dalam menghadapi berbagai potensi ancaman maupun potensi konflik. Terlebih penting lagi tentunya kita senantiasa bekerjasama guna cegah dini, deteksi dini dan aksi dini,” tandas Pangdam.

Pangdam menegaskan, TNI di Maluku siap mendukung serta mensupport Polda Maluku kapan saja, di mana saja bila diminta mengatasi berbagai ancaman gangguan yang timbul agar terwujudnya law enforcement, penegakan hukum yang tegas di wilayah teritorial Maluku.

Sementara itu Kapolda Maluku Lotharia Latif mengaku, apel gabungan sinergitas TNI dan Polri ini merupakan kegiatan rutin untuk mempererat silaturahmi dan kerja sama dalam mewujudkan Maluku yang aman, damai dan sejahtera.

“Ini kegiatan rutin yang memang kita lakukan agar sinergitas TNI dan Polri, dan hari ini saya bersama Pangdam dan komandan satuan TNI lainnya. Intinya kita semua ingin mewujudkan Aman damai dan sejahtera di Maluku,” pungkasnya.

Hadir dalam upacara itu, selain Pangdam dan Kapolda, juga terlihat Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Kabinda Maluku Brigjen TNI Jimmy Aritonang, Kepala BNN Provinsi Maluku Brigjen Pol Rohmad Nursahid, Kabakamla Maluku Laksma Bakamla Arif Sumartono, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina, Danrem 151 Binaiya Brigjen TNI Ridwan Maulana, Irdam XVI Pattimura Brigjen TNI Muhammad Muchidin, serta para asisten Kodam Pattimura dan Polda Maluku. (S-10)