AMBON, Siwalimanews – Kepala Kepolisian Daerah Maluku mulai melaksanakan audit kinerja itwasda tahun 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat utama markas komando Polda Maluku, Kamis (6/10) dipimpin Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes dan dikuti  Irwasda Kombes Jannus Parlindungan Siregar, Karo Ops Kombes Asep Saripudin dan seluruh pejabat utama Polda Maluku serta Polres/Polresta jajaran melalui  zoom meeting.

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif dalam arahannya yang disampaikan Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes mengatakan, audit kinerja Itwasda Maluku merupakan program tahunan yang harus dilaksanakan sebagai fungsi kontrol.

Hal tersebut, dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian kinerja yang telah dilaksanakan oleh masing-masing satuan kerja serta untuk mengetahui ketaatan dan ketertiban dalam pelaksanaan kerja dan anggaran serta efektifitas maupun ekonomis.

“Audit kinerja ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk melakukan perbaikan sejauh mana perencanaan program dan anggaran dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, serta pertanggung jawaban keuangan dapat dikelola secara transparan dan akuntabel dalam upaya peningkatan kinerja satker dan satwil jajaran Polda Maluku,” ujarnya.

Baca Juga: Dipecat, Karyawan PT Akfi Ngadu ke Disnaker

Dari hasil analisa dan evaluasi audit kinerja Itwasda Polda Maluku tahap I maupun Itwasum Polri tahap II tahun 2022, masih ditemukan adanya kelemahan dalam sistem pengendalian intern terutama dalam bidang perencanaan dan pengelolaan keuangan.

“Oleh karena itu diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi dan konsultasi terhadap permasalahan yang dihadapi dengan memberikan informasi berdasarkan fakta dan data sesuai kenyataan di lapangan. Sehingga temuan-temuan sebelumnya tidak ditemukan kembali atau merupakan temuan berulang,” harapnya.

Kapolda berharap, adanya kerjasama dan keterbukaan untuk terwujudnya asas kemitraan komunikasi dan koordinasi antar tim audit dan auditi. Ini agar pelaksanaan audit kinerja dapat berjalan dengan lancar, serta hasil yang maksimal, dan mampu memberikan masukan terhadap kinerja satker/subsatker dan satwil jajaran Polda Maluku.

“Kepada Irwasda beserta tim saya ucapkan selamat bekerja semoga dalam pelaksanaan diberikan kesehatan, kekuatan dan kelancaran. Sehingga tugas audit kinerja dapat dilaksanakan sesuai yang telah ditentukan,” ucapnya. (S-10)