SAUMLAKI, Siwalimanews – Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Indey memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum, yakni memberikan kemudahan bagi pelanggan mereka dengan cara membayar tagihan rekening air melalui bank secara digital.

Menurutnya, cara pembayaran secara digital atau online ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya lewat SMS link ATM BRI atau ATM yang lainnya dan juga lewat aplikasi BRIMO.

“Ini adalah sebuah kemudahan yang diberikan kepada pelanggan sehingga pelanggan dari rumah atau di mana saja bisa langsung bayar tagihan airnya tidak perlu membuang waktu dan tenaga ke loket-loket atau menunggu petugas datang lagi,” ucap Indey kepada Siwalimanews di Saumlaki, Sabtu (25/3).

Pembayaran taguhan air kata Indey pelanggan dapat melakukannya hanya melalui HP, bahkan ada kepastian tentang nilai yang harus dibayar, misalnya Rp 50 ribu/perbulan langsung tertera, tidak ada pungutan-pengutan tambahan lainnya, karena ini sudah menggunakan sistem digital dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain mendapat kepastian tentang nilai yang harus dibayar, juga hemat waktu dan hemat energi bagi pelanggan, sementara petugas PDAM tidak lagi mengeluarkan biaya untuk pergi menagih atau menunggu pelanggan datang membayar ke loket.

Baca Juga: Pemkab Malteng Jalin Kerjasama dengan Soegijapranata Chatolic Universiti

Untuk itu ia berharap, BUMD yang ada di bumi Duan Lolat ini kiranya dapat mengikuti inovasi yang dilakukan pihak PDAM sehingga dapat membantu pemkab dalam meningkatkan PAD.

“BUMD itu wajib bantu pemkab untuk menggenjot PAD, karena BUMD dibangun dan dibentuk untuk membantu pemkab meningkatkan pendapatan,” ucap Indey.

Sementara itu Direktur Utama PDAM Tanimbar Somalay Batlayeri mengaku inovasi yang dibuat PDAM ini sesuai dengan arahan dari penjabat bupati pada awal tahun 2023, yang mana setiap OPD maupun BUMD  diminta untuk melakukan pelayanan berbasis digital.

“Pada awal tahun pak penjabat bupati mengarahkan untuk kita penuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih permudah mereka melalui pembayaran via bank. Menjawab hal itu, maka kita telah edarkan surat bagi seluru pelanggan di Kota Saumlaki dan sekitarnya bahwa pembayaran tagihan air sekarang lebih mudah dengan menggunakan SMS link, BRIMO dan BRIVA,” Ungkap Batlayeri

Walaupun demikian kata Batlayeri yang baru dapat membayar tagihan secara online yakni adalah pelanggan yang bermukim di Kota Saumlaki, sementara untuk Kecamatan Tanimbar Utara, direncanakan baru dapat berjalan pada bulan Mei nanti,” tutur Batlayeri.(S-26)