AMBON, Siwalimanews – Bakal Calon Gubernur Maluku Jeffry Apoly Rahawarin menyalurkan puluhan ekor hewan kurban bagi umat Muslim di lima kabupaten/kota.

Kelima kabupaten/kota yang mendapatkan bantuan hewan kurban tersebut, masing-masing, Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Pembagian hewan-hewan kurban itu, berlangsung Minggu (16/6) kemarin secara serentak di semua kabupaten/kota penerima hewan kurban.

Mantan Pengdam Pattimura ini, hanya bisa menyerahkan secara simbolis dibeberapa Masjid di Kota Ambon diantaranya, di Masjid At-Taubah, Kelurahan Waihaong dan di kawasan Batu Merah, Kecamatan Sirimau. Sementara dilokasi lainnya, penyerahan dilakukan oleh timnya.

Berdasarkan data yang diterima, total hewan kurban yang diserahkan sebanyak 23 ekor sapi dan kambing,

Baca Juga: Rayakan Idhul Adha, Alumni SMA dan SMK Aliyah Anggkatan 2016 Tebar Kebaikan

Rahawarin epada Siwalimanews mengatakan, ini adalah wujud kepedulian dan berbagi kebahagian antara umat beragama, sekaligus sebagai komitmen dirinya.

“Yang diberikan mungkin tidak seberapa, tetapi jangan dilihat dari berapa banyak hewan kurban yang diberikan, tetapi bagaimana niat berbagi, itu yang utama,” ujar Rahawarin.

Rahwarin berjanji, komitmen ini akan terus dilakukan, jika saatnya nanti dirinya dipercayakan sebagai Gubernur Maluku.

Malteng

Di Kabupaten Malteng, tim Jaffry Apoly Rahawarin atau yang akrab disapa JAR ini menyerahkan dua ekor sapi masing-masing satu di di Masjid Raya Ibnu Abdullah, Kota Masohi dan satu lagi di Masjid Raya Negeri Haya, Kecamatan Tehoru.

Penyerahan sapi kurban dengan bobot kurang lebih 65 kg ini diserahkan oleh Ketua Tim Relawan Halattu Roy bersama anggota tim dan diterima oleh Imam Masjid Raya Ibnu Abdullah H Ali Tahuwayo, sementara di Haya diterima oleh Ketua Panitia Hari Raya Kurban Negeri Haya Ardi Tuahan.

“Kami sebagai Imam Masjid dan juga panitia Hari Raya Kurban 1445 Hijriyah sampaikan banyak terima kasih kepada bapak Jefri Apoly Rahawarin atas dedikasi serta uluran tangannya dalam membantu masyarakat melalui pemberian sapi kurban. Ini adalah bentuk kasih sayang dan berkah dari Allah SWT yang diberikan kepada masyarakat melalui bapak JAR,” ujar Imam Masjid Ibnu Abdullah, H. Ali Tehuwayo saat menerima hewan kurban itu.

Tehuayo menjelaskan, sebagai umat beragama yang akan merayakan hari raya ini, sekaligus sebagai masyarakat Maluku Tengah yang ada di Kota Masohi mendoakan, usaha dan perjuangan serta cita-cita JAR akan diberkati dan diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kami siap berjuang bersama bapak JAR dan kami siap mendukung bapak JAR dalam perjuangan dalam waktu dekat ini di Pilkada Maluku,” janjinya.

Sementara itu saat menyerahkan hewan kurban di Haya, Ketua Tim Halattu Roy menyampaikan bahwa jangan dilihat dari besar atau kecil hewan kurban itu atau berapa nilainya, tetapi ini adalah kepedulian dari Jeffry Apoly Rahawarin dalam membantu masyarakat, terutama masyarakat Negeri Haya yang akan merayakan hari suci ini.

“Sebenarnya bapak JAR sendiri berkeinginan untuk menyerahkan secara langsung, namun karena ada urusan penting di Jakarta yang tidak bisa di tinggalkan, beliau (JAR) mengutus saya bersama tim relawan untuk menyerahkan sapi kurban ini,” ngkapnya.

Ketua Panitia Hari Raya Kurban Negeri Haya Ardi Tuahan mengatakan, panitia bersama pemerintah Negeri Haya dan masyarakat sangat mensyukuri bantuan yang di berikan oleh pak JAR saat ini.

“Kami juga sangat berterima kasih dan mengapresiasi perhatian besar mantan Pangdam Pattimura terhadap kebutuhan masyarakat di Negeri Haya, terutama jelang perayaan Idul Adha 1445 H. Kami berterima kasih dan mendoakan semua perjuangan bapak JAR untuk kepentingan besar beberapa waktu mendatang. Kami masyarakat Negeri Haya juga siap untuk bersama-sama dalam perjuangan ini,” ucapnya.(S-25/S-17)