TIAKUR, Siwalimanews – Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya Benjamin Thomas Noach mengaku, angka kemiskinan di Kabupaten Maluku Barat Daya kini mulai menurun.

“Kita bersyukur kepada Tuhan dengan kerja keras kita semua angka kemiskinan di MBD tahun demi tahun mulai menurun,” ucap Bupati dalam kegiatan forum perangkat daerah dan Musrenbang RKPD tahun 2025, di Gedung Serbaguna Tiakur, Kamis (4/4).

Ia mengaku, pada awal pemerintahannya angka kemiskinan sekitar 30,20 persen dan pujih syukur saat ini angka kemiskinan mengalami penurunan sekitar 25 persen.

“Masih jauh dari rata-rata angka kemiskinan secara nasional. Oleh karena itu saya harap kita terus melakukan percepatan pembangunan sehingga angka kemiskinan kita minimal bisa setara dengan angka kemiskinan nasional,” ujarnya.

Demikian pula kata Noach, untuk angka penurunan stunting menggambarkan draf penurunan dari tahun ke tahun, sehingga diharapkan dalam tahun-tahun kedepan angka stunting MBD menuju angka nol.

Baca Juga: Pelaksana Proyek Command Center Pemkot Sakit di Ruang Sidang

“Tidak perlu lagi ada stunting di MBD. Kita punya potensi laut cukup besar. Stunting itu karena kurang protein, karena itu saya harap semua stakholder baik tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa mendorong masyarakat untuk terus menumbuhkembangkan pangan lokal dan mengkonsumsi makan ikan,” harapnya.

Ia juga mengharapkan TP PKK dan kelompok-kelompok perempuan dapat mendorong terus lewat upaya-upaya pemanfaatan bahan pangan lokal dan potensi lokal dari paling utama pendidikan generasi muda bangsa MBD, karena kabupaten ini kaya dan subur.

“Kita terus memerlukan demokrasi di wilayah ini, kita terus memerlukan kebersamaan di wilayah ini dan kita terus menumbuhkan rasa cinta kepada daerah ini,”tandasnya.(S-28)