BULA, Siwalimanews – Program Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Presiden dalam pemerintahannya mendapat dukungan dari Himpunan Keru­kunan Tani Indonesia (HKTI) Seram Bagian Timur.

Ketua HKTI SBT Talimuddin Rumaratu mengaku dukungan program Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Presiden Prabowo Subianto.

“Program ini selaras dengan kebutuhan petani dan masyarakat di SBT dalam mewujudkan ketahanan pangan lokal dan nasional,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya menyambut baik inisiatif Presiden Prabowo dalam mendorong swasembada pangan. Ini adalah langkah tepat untuk mengurangi ketergantungan pada impor dan memastikan kemandirian pangan bangsa.

Ia juga menyampaikan program ini akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan petani, khususnya di wilayah SBT yang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian.

Baca Juga: Penjabat Gubernur Didesak Perhatikan Aset Daerah

Namun demikian, ia kembali menekankan pentingnya pendam­pingan dan penyediaan fasilitas bagi para petani agar kebijakan ini dapat berjalan maksimal.

“Harapan kami, pemerintah tak hanya berhenti pada kebijakan, tetapi juga hadir dengan solusi konkret, seperti subsidi pupuk, akses bibit unggul, hingga pembinaan langsung di lapangan,” ujarnya kepada dalam rilis yang diterima Siwalima, Kamis (24/10).

Lebih lanjut dikatakan jika program ini diimplementasikan dengan baik, Kabupaten SBT bisa menjadi salah satu lumbung pangan di Maluku dan berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional.

Untuk itu ia mengajak seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat di SBT bersama- sama mendukung visi Presiden Prabowo dalam mewujudkan Indonesia yang mandiri dan kuat di sektor pangan.

“Ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi tugas kita semua. Kami di HKTI siap berperan aktif dalam menyukseskan program ini,” harapnya.

Dengan dukungan berbagai pihak, Rumaratu sangat yakin bahwa cita-cita swasembada pangan dapat ter­ca­pai dan menjadi tonggak penting dalam memperkuat ekonomi nasional berbasis sektor pertanian. (S-27)