AMBON, Siwalimanews – Sampai dengan hari terakhir penutupan proses penjaringan Walikota dan Wakil Walikota Ambon di PDI Perjuangan, belum ada satupun bakal calon wakil walikota yang mendaftar.

Ketua tim penjaringan kepala daerah dan wakil kepala daerah PDI Perjuangan Kota Ambon, Dominggus Pattileuw yang dikonfirmasi Siwalimanews di Sekretariat PDI Perjuangan Kota Ambon, Selasa (7/5) mengaku, pasca diperpanjangnya proses penjaringan hingga 7 Mei 2024, belum ada balon wakil walikota yang mengembalikan formulir pendaftaran.

Padahal sebelumnya, beberapa kandidat wawali, telah mengkonfirmasi akan mengembalikan maupun mengambil formulir pendaftaran.

“Per tanggal 7 Mei hari ini, untuk pembukaan tahap kedua, itu belum ada satupun balon wakil walikota yang mengembalikan formulir pendaftaran,” ujarnya.

Meski demikian, jumlah pendaftar untuk balon walikota justru terjadi penambahan, yang mana kini menjadi lima balon yang resmi mendaftar di PDIP.

Baca Juga: Empat Ranperda Masuk Propemperda 2024

Kelima balon walikota itu yakni, Agus Ririmasse, Jantje Wenno, Bodewin Wattimena, Tadi Salampessy dan AG Latuheru.

“Jadi sudah ada lima untuk balon walikota yang mengembalikan berkas. Tapi untuk balon wakil walikota belum ada, namun saat ini masih dalam komunikasi, karena ada yang sebelumnya telah konfirmasi akan datang untuk berproses. Kemungkinan mereka juga lagi berproses di partai-partai lain,” duganya.

Untuk kelanjutannya kata dia, tim akan berkoordinasi dengan tim penjaringan di DPD PDIP Maluku, apakah akan ada penambahan waktu atau tidak.

“Jadi tergantung DPD. hari ini mereka sementara merapat. Jadi kita tungguh arahan seperti apa,s ebab terpantau di seluruh kabupaten/kota juga hal yang sama, dimana belum mencapai target pendaftaran sesuai juklak, sebab masing-masing balon itu empat, baik kepala daerah maupun wakilnya, jadi kemungkinan ada penambahan waktu,” cetusnya.(S-25)