AMBON, Siwalimanews – DPP partai Hanura resmi mem­berikan rekomendasi kepada dua kepala daerah dan wakil kepala daerah di Maluku.

Mereka yang menerima reko­mendasi DPP Partai Hanura adalah Agus Ririmasse-Novan Liem untuk Pilkada Kota Ambon, dan Hendrik Natalus Christian-Hengky Ricardo A Pelata untuk Pilkada Kabupaten MBD.

Penyerahan rekomendasi tersebut dilakukan Ketua Umum DPP Partai Hanura, Oesman Sapta Odang di Jakarta, Senin (12/8).

Salinan surat rekomendasi yang diterima Siwalima, Senin (12/8) menyebutkan, bahwa sebagai partai politik peserta pemilu tahun 2024, Partai Hanura berperan dalam me­nentukan regenerasi kepemimpinan di daerah dengan mengusung dan/atau mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota pada Pilkada serentak tahun 2024

Dalam surat itu juga menye­but­kan, berdasarkan verifikasi, validasi, uji kelayakan dan kepatutan yang dilaksanakan oleh tim penjaringan, penetapandan pemenangan (TPPP) pusat terhadap bakal pasangan ca­lon yang diusulkan oleh DPD Hanura Provinsi Maluku, telah memenuhi syarat sebagai paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya.

Baca Juga: Pekan Ini Mega Umumkan Balon Gubernur Maluku

Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf (a) dan huruf (b), perlu menetapkan Surat Keputusantentang Persetu­juan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MBD.

Penyerahan rekomendasi kepada Ririmase-Liem ini dibenarkan Plt Ketua DPD Hanura Maluku, Sole­man Laem kepada Siwalima  melalui telepon selulernya, Senin (12/8).

Dijelaskan, terdapat 62 kabupaten/kota yang diserahkan rekomendasi oleh DPP Hanura yakni Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Barat Daya sedangkan sembilan daerah lain belum diserahkan.

“Untuk Maluku ada dua Kota Ambon dan MBD. Untuk Kota Ambon itu Pak Agus Ririmase dan Novan Liem sedangkan di MBD itu pak Hendrik dan pak Hengki,” ungkap Laem.

Menurutnya, DPP Partai Hanura tentu memiliki pertimbangan yang matang terkait dengan pasangan calon yang diusung, termasuk peluang memenangkan Pilkada di dua daerah itu.

Dengan adanya rekomendasi ini, Laem memastikan akan memerintahkan seluruh kader Hanura untuk mengkonsolidasikan kekuatan untuk memenangkan pasangan yang diusung pada pilkada nanti. “Prinsipnya kami akan bersama-sama berjuang untuk memenangkan semua pasangan calon yang diusung Hanura,” tegasnya.

Sementara itu, Hengky Pelata, balon Wakil Bupati MBD yang dikonfirmasi via telepon selulernya membenarkan pemberian rekomendasi tersebut.

“Ia, hari ini DPP Hanura memberikan rekomendasi bagi kami. Dan juga untuk Kota Ambon, pak Agus Ririmasse,”katanya

Sementara itu, Agus Ririmasse mengatakan, kini pihaknya juga menunggu Partai Amanat Nasional (PAN).

“Setelah Demokrat, Hanura, kita juga akan terima rekomendasi yang sama dari PAN, dalam waktu dekat. Tuhan sayang, akan ada parpol-parpol lain yang juga akan berga­bung dalam kaolisi bersama kami di Pilwalkot Ambon. Semua masih berproses,”katanya. (S-25/S-20)