AMBON, Siwalimanews – Besok, Rabu (11/9), 35 anggota DPRD Kota Ambon terpilih hasil Pemilihan Legisltif 14 Februari 2024 akan dilantik.

Peraih suara terbanyak dari Partai Golkar dapil Nusaniwe, Ely Toisutta, batal dilantik sebagai anggota DPRD Kota Ambon periode 2024-2029.

Dia akan digantikan oleh Desy Kosita Hallauw, peraih suara terbanyak kedua.

Hallauw akan dilantik menggan­tikan Toisutta yang lebih memilih berkompetisi dalam kontestasi Pilkada Kota Ambon November mendatang.

Diketahui, dalam Pileg kemarin, Toisutta berhasil meraih suara terbanyak dari Dapil III Nusaniwe, yakni 2.562. Sedangkan Hallauw berada diposisi kedua dengan perolehan suara 838.

Baca Juga: Saat Kampanye, Tiga Kepala Daerah Wajib Cuti

Surat pengusulan Hallauw ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon sendiri telah diserahkan oleh Partai Golkar dan KPU telah mengeluarkan surat penetapan penggantinya.

“KPU sudah menerbitkan keputusan penetapan pengganti calon terpilih anggota DPRD Kota Ambon periode 2024-2029 atas nama Desy Kosita Hallauw yang akan dilantik menggantikan ibu Ely Tosutta,”ujar Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud, kepada Siwalima, via telepon selulernya, Senin (9/9).

Sementara itu Partai Nasdem resmi mengusulkan Morits Librecht Tamaela sebagai Ketua DPRD Kota Ambon.

Pasalnya, Partai NasDem adalah partai pemenang Pileg 2024 sehingga berhak atas posisi sebagai Ketua DPRD Kota Ambon periode 2024-2029.

Dengan itu, berdasarkan salinan surat yang diterima Siwalima, Senin (9/9), terpampang nama Morits Librecht Tamaela.

Dalam surat bernomor 46/DPD-NasDem AMBON/IN/2024 perihal pimpinan sementara DPRD yang ditujukan kepada Sekretaris DPRD Kota Ambon yang ditandatangani oleh Morits Librecht Tamaela selaku Ketua DPD partai Nasdem Kota Ambon, dan H Adam Hadiba selaku Sekretaris itu menyebutkan, bahwa sesuai surat Sekretariat DPRD Kota Ambon Nomor: 172.5/144/SETWAN/2024 tentang Penyampaian Nama Pimpinan Sementara DPRD Kota Ambon, maka dengan ini kami sampaikan nama pimpinan sementara atas nama Morits Librecht Tamaela.

Terkait hal itu, Sekretaris DPRD Kota Ambon Apries Gasperzs, yang dikonfirmasi Siwalima via pesan WhatsApp mengaku, hingga kini baru dua surat dari partai politik pemenang Pileg yang memasukan nama pimpinan sementara DPRD Kota Ambon periode 2024-2029.

“PDI Perjuangan belum, pimpinan sementara baru 2 partai pemenang. Nasdem dan Perindo,”ujar Sekwan.

Ditanya siapa nama yang diusulkan Perindo, Sekwan mengatakan, bahwa dirinya belum melihat fisik surat, sehingga belum bisa disampaikan.

“Belum ada surat, jadi saya belum bisa bilang,” katanya. (S-25)