AMBON, Siwalimanews – DPD Partai Golkar Maluku, minta pihak DPP agar tetap merekomendasikan Ramly Umasugi di Pilkada Maluku.

Reaksi DPD Partai Golkar Maluku ini terjadi, pasca DPP Perindo memberikan rekomendasi kepada Hendrik Lewerissa untuk maju dalam Pilkada Maluku berpasangan dengan Abdulah Vanath, Senin (12/8) malam.

Sekretaris DPD Golkar Maluku Abner James Timisela mengungkapkan, sebagai partai tertua di Maluku, Golkar tentu berkeinginan agar kadernya dapat berkontestasi di pilkada.

Langkah ini dilakukan dengan mempersiapkan sejumlah kader partai, termasuk Ketua DPD Ramly Umasugi agar terlibat dalam Pilkada Maluku.

“Ketua DPD tidak pernah datang merengek-rengek di Hendrik Lewerissa untuk menjadi calon wakil gubernur, HL sendiri yang meminangnya untuk menjadi wakil baginya, makanya ketika tiba-tiba menggandeng Abdulah Vanath, ini juga membuat kita bertanya-tanya,” ungkap Timisela kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (13/8).

Baca Juga: PLN Lakukan Mitigasi Perubahan Iklim

Sebagai pimpinan partai, DPD Golkar Maluku kata Timisela, akan tetap memperjuangkan agar DPP merekomendasikan Ketua DPD untuk maju dalam kontestasi politik.

Namun jika Hendrik Lewerissa tetap ingin mengambil Abdulah Vanath sebagai calon wakil gubernur mendampinginya, maka DPD Partai Golkar akan meminta DPP agar tidak memberikan rekomendasi kepada pasangan Hendrik Lewerissa dan Abdullah Vanath.

“Tidak serta-merta ketika Hendrik Lewerissa mengambil Abdulah Vanath lalu Golkar mendukung abdulah Vanath. Dia (Abdullah Vanath-red) bukan apa-apa di Golkar,” tegas Timisela.

Walaupun demikian, Timisela mengaku, Abdulah Vanath saat ini telah memiliki kartu tanda anggota, tetapi secara struktural Ramly Umasugi adalah Ketua DPD dengan didukung kekuatan dari 11 kabupaten/kota

“Masa seorang yang hanya baru memiliki KTA dalam waktu sehari mengambil peran di Golkar melebihi seorang ketua partai. Abdullah Vanath tidak punya suara apa-apa, tetapi Ramly punya hak suaranya dalam Munas,” tegas Timisela.

Timisela menegaskan, DPD Partai Golkar Maluku akan konsisten memperjuangkan dengan cara apapun agar DPP Golkar merekomendasikan Ramly Umasugi untuk maju dalam pilkada

“Memang kita tidak bisa memaksakan Hendrik untuk memilih Ramly, tetapi bukan berarti harus memilih. Saya yakin sebentar peta politik berubah setelah rapat pleno penentuan Plt Ketua DPP Partai Golkar dilakukan,” tandas Timisela dengan penuh keyakinan.(S-20)