AMBON, Siwalimanews – Partai Golkar dan PDIP berpeluang koalisi di Pilkada Kota Ambon 2024. Peluang ini terlihat, sejak mendaftarnya Ely Toisuta sebagai bakal calon Wakil Walikota Ambon di DPP PDIP, Senin (1/7) kemarin.

Mendaftarnya kader Golkar ini di PDIP, pasca mendapat rekomendasi dari Partai Nasdem untuk maju sebagai calon Wakil Walikota Ambon berpasangan dengan Bodewin M Wattimena, sekaligus juga mengikuti jejak Wattimena yang sebelumnya telah mendaftar di PDIP Kota Ambon.

Pasalnya, PDIP juga hanya akan memproses kandidat yang resmi mendaftar. Hal inilah yang kemungkinan mendorong Elly Toisuta untuk mengikuti jejak pasangannya tersebut mendaftar di PDIP.

Toisuta yang dikonfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, Kamis (4/7) menjelaskan,  langkahnya bersama Bodewin Wattimena selaku pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon adalah membangun komunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi.

Karena itu, sebagai bakal calon, sudah tentu dirinya bersama Wattimena harus melakukan komunikasi politik itu dan kemudian mengikuti mekanisme partai tersebut, dalam hal ini mendaftar di PDIP.

Baca Juga: Polresta Ambon Musnahkan 3 Ton Miras Jenis Sopi

“Beberapa hari lalu, alhamudilillah Partai Nasdem sudah keluarkan rekomendasi kepada saya dan pak Bodewin berpasangan. Oleh sebab itu, tugas dan kewajiban kami untuk bangun komunikasi dengan partai lain,” jelas Toisuta.

Selaku kader Golkar yang Insya Allah juga akan direkomendasikan kata Toisuta, sudah tentu dirinya juga harus melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan partai lain, mengingat Golkar tidak bisa mengusung calon sendiri.

Untuk itu sambil menunggu proses di Golkar, dirinya bersama Wattimena juga melakukan komunikasi politik dengan partai lain, termasuk PDIP.

Ditanya apakah itu artinya ia meyakini akan didukung partainya sendiri, Toisutta mengucapkan, Insya Allah, sebab Golkar tentu akan melihat hasil survei, kemudian kadernya.

“Untuk itu saya merasa diantara kader saya punya peluang di Golkar. Oleh sebab itu saya menerima lamaran atau permintaan untuk maju bersama pak Bodewin dengan tagline Bersama Bodewin Wattimena-Ely Toisutta For Ambon Manise,” ucap Toisuta.

Toisuta juga mengaku, respon DPP Golkar atas pencalonan dirinya sebagai bakal calon Wakil Walikota Ambon juga sangat baik.

“Respon DPP Insya Allah sangat bagus, karena Golkar sangat setuju dan memberikan apresiasi kepada kader-kadernya untuk terlibat dalam pilkada,” jelas Toisuta.(S-25)