BULA, Siwalimanews – Puluhan relawan pemadam kebakaran dan penyelamatan Kabupaten Seram Bagian Timur, diberi pelatihan oleh PT Citic Seram Energy Limited.

Pelatihan bagi 22 relawan Damkar yang digelar di aula PT Citic SEL, Rabu (10/7)  juga turut dihadiri Asisten I Setda SBT Ambo Wokanubun, dan pimpinan OPD maupun pihak PT Citic Seram Energy Limited (CSEL)

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Wokanubun, sekaligus membuka pelatihan itu mengatakan, pelatihan bagi relawan Damkar ini memiliki makna yang strategi.

“Damkar sebagai bagian dari masyarakat, yang sangat dibutuhkan keterlibatannya, dalam urusan pelayanan, pencegahan dan penanggulangan dini kebakaran,” kata Keliobas.

Bukan hanya kebakaran, petugas juga ikut bertanggung jawab melakukan pencegahan dan penanggulangan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga: Wai Yala Tertangani, Akses Kendaraan Kembali Normal

Bupati SBT dua periode ini menuturkan, kehadiran para Damkar dapat diharapkan mampu untuk menurunkan jumlah kebakaran di kawasan pemukiman serta hutan dan lahan.

“Dengan terbentuknya diklat ini tentunya kami berharap, saudara-saudara yang menjadi mata dan telinga sekaligus sebagai  ujung tombak, dan dapat memberikan edukasi, serta sosialisasi pencegahan bahaya kebakaran pada masyarakat. Tentunya saudara juga akan dibekali dengan ilmu pencegahan, dan penanganan bahaya kebakaran,” harapnya.

Menurutnya relawan Damkar dituntut kerja dengan penuh kedisiplinan ketekunan dan kesabaran, bisa bekerja dalam tim dengan  penuh kebersamaan yang erat sekaligus membentuk jiwa yang peka dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat yang ada di SBT.

“Atas nama Pemkab SBT saya mengucapkan selamat mengikuti pelatihan pemadam kebakaran. Kami memandang penting untuk penyelenggaraan pelatihan karena kami ingin setiap pegawai memiliki kinerja yang meningkat dibanding sebelumnya dan kami akan mengevaluasi kinerja anda setelah mengikuti pelatihan ini,” pungkasnya.(S-27)