BULA, Siwalimanews – Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Seram Bagian Timur bersama Citik Seram Energy Limited  secara rutin akan melakukan simulasi dasar bagi petugas pemadam kebakaran, untuk mencegah bencana kebakaran yang sering terjadi di daerah ini.

Plt Kadis Damkar dan Penyelamatan Kabupaten SBT Ahmad Fauzi Saflut menjelaskan, dengan simulasi dan pelatihan yang diberikan ke petugas damkar, ini dilaksanakan setiap minggu secara rutin.

“Selama ini ada kejadian kebakaran para petugas damkar yang adalah pegawai-pegawai honorer ini lah yang membantu kita untuk mengeksekusi kejadian- kejadian kebakaran yang terjadi di SBT,” ungkap Saflut kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (12/6)

Untuk itu kata Saflut, dengan adanya satu unit armada damkar, petugas damkar dapat melakukan pelatihan sekaligus simulasi yang diberikan oleh salah satu staf teknis dari Citik.

“Jadi setiap satu minggu itu akan diadakan simulasi, mulai dari pengenalan alat, kemudian begitu ada kejadian kebakaran bagaimana cara untuk masuk memadamkan api, bagaimana cara bisa menyelamatkan orang apabila dikepung api, ini jadi simulasi dasar bagi mereka,” ujarnya.

Baca Juga: Pemprov dan BI Serahkan Bantuan Rumah Layar bagi Petani Passo

Walaupun demikian ia mengaku, masih ada beberapa kendala yang dihadapi sehingga simulasi yang dijadwalkan rutin setiap minggu ada juga yang tertunda.

“Memang ada beberapa minggu lalu, kami rencanakan akan menyurati Citic Seram Energy Limited  untuk melakukan pelatihan bersama pada area di Citic tersebut. Namun masih ada beberapa kendala yang kemudian mungkin minggu depan baru akan dilaksanakan pelatihan disiplin bersama dengan pihak Citik.(S-27)