MASOHI, Siwalimanews – Anggota Komisi VII DPR Mercy Cristi Barends bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengupayakan peningkatan kapasitas dan inovasi petani, khususnya petani pisang.

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Pertemuan Pemerintah Negeri Amahai, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (26/9), diikuti ratusan warga dari sejumlah kecamatan. Kegiatan ini digelar dengan harapan, agar para petani pisang mampu melakukan inovasi, guna meningkatkan kualitas panen hingga marketnya nanti.

Wakil rakyat asal Maluku dari PDIP ini menegaskan, kegiatan itu diarahkan untuk meningkatkan kapasitas atau kemampuan petani yang nantinya mampu mengolah hasil produksi secara baik.

“Saat ini petani sudah tidak bisa lagi melakukan aktivitas produksi dengan cara biasa atau tradisional lagi. Pisang sebagai salah satu produk pertanian yang tumbuh subur di wilayah kita mestinya sudah harus dikelola secara profesional. Menuju kearah itu, maka kita menggelar kegiatan pelatihan dengan harapan dapat meningkatkan kapasitas petani kita di wilayah Maluku Tengah,” jelas Mercy.

Pisang kata Mercy, kini telah menjadi salah satu pangan konsumen dunia. Potensi pisang di pasar dunia kini sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, melalui pelatihan ini, para petani mendapatkan pengetahuan yang tentu diharapkan dapat memampukan petani untuk meningkatkan hasil produksi.

Baca Juga: Tahapan Lancar Hingga Penetapan Nomor Urut, Bawaslu Apresiasi Kerja KPU

“Konsumsi pangan, salah satunya pisang kini sedang meningkat tajam. Tidak hanya pasar lokal di Indonesia, namun juga di luar negeri. peluang ini harus mendapat perhatian dan dijemput. Kita sudah harus mengubah pola produksi dengan cara lama,” tutur Mercy.

Mercy berharap, melalui pelatihan itu petani pisang di wilayah Kabupaten Malteng mendapatkan pengetahuan baru agar dapat meningkatkan kualitas produksi yang secara tidak langsung mampu meningkatkan kualitas ekonomi keluarga dan masyarakat.

Di tempat yang sama Pj Bupati Malteng Rakib Sahubawa yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Zahlul Ichsan, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan itu serta berharap, kegiatan positif itu dapat bermanfaat bagi petani dan masyarakat Malteng.

“Sebelumnya kami menyampaikan selamat kepada ibu Mercy yang kembali terpilih pada pileg Februari lalu. Tentu kami berharap ibu Mercy dan BRIN dapat pula melirik sektor lain yang juga membutuhkan perhatian. Mewakili pemerintah dan masyarakat di daerah ini saya mengapresiasi positif terselenggaranya kegiatan ini, sebab, melaluinya para petani kita dapat berdaya lebih maju dan mampu menjemput tantangan yang ada saat ini,” tandas Bupati.(S-17)