AMBON, Siwalimanews –  Komisi Pemilihan Umum Maluku memastikan,  pengelolaan dana hibah Pilkada serentak 2024 dikelola secara transparan.

Transparansi merupakan hal penting dengan menerapkan sistem mekanisme pelaporan dan pemeriksaan, baik internal maupun lembaga pemeriksa eksternal untuk memastikan transparansi anggaran tersebut.

“KPU Maluku tetap mengedepankan transparansi dalam pengelolaan dana hibah pilkada untuk memastikan kepercayaan publik dan integritas penyelenggara,” tegas Ketua KPU Maluku M Shaddek Fuad kepada wartawan di Ambon, Jumat (16/8).

Menurutnya, transparansi merupakan langkah-langkah penting, guna menghindari dugaan penyimpangan, sehingga memastikan setiap aliran dana digunakan sesuai dengan ketentuan.

“KPU RI telah menetapkan pedemoman penyusunan anggaran dengan berpedoman pada standar-standar biaya yang telah ditentukan,” bebernya.

Baca Juga: Delegasi Southern Cross University Kunjungi Unpatti

Fuad menegaskan, tranparansi diharapkan dapat memperkuat kepercayaan publik terhadap proses pemilihan dan mengurangi potensi konflik dimasa mendatang.

“Kami berharap pilkada 2024 berjalan secara adil dan transparan, mencerminkan demokrasi yang sehat dengan didukung oleh partisipasi aktif dari masyarakat guna mencegah kecurangan,” harapnya.(S-20)