AMBON, Siwalimanews – Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Costansius Kolatfeka men­desak Pemerintah Kabupaten SBT untuk mempercepat realisasi APBD tahun 021.

“Ini berpengaruh dan menjadi tidak terwujudnya tema pemba­ngu­nan daerah tahun anggaran 2021 dalam belanja APBD,” ungkap Kolatfeka, kepada wartawan, di Bula, kemarin.

Menurutnya, tema pembangu­nan melalui APBD SBT pada tahun 2021 harus menjadi acuan dalam belanja APBD, terutama dalam pemulihan ekonomi akibat dari dampak pandemi Covid-19.

Ia mengaku pesimis, dalam situasi kekinian hingga memasuki semester kedua tahun anggaran 2021 ini, APBD SBT tahun 2021 belum juga direaslisasikan.

Anggota Komisi C DPRD SBT ini juga mengungkapkan, pemuli­han kondisi ekonomi menjadi so­rotan isu besar nasional yang diter­jemahkan oleh seluruh daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Baca Juga: Mending Dananya Dipakai Study Banding DPRD ke Malut

Untuk itu, ia mempertanyakan po­sisi Kabupaten SBT dalam me­nangkap situasi kegelisahan mas­ya­rakat di Kabupaten penghasil minyak bumi itu.

“Perlu ada percepatan menang­kap kegelisahan masyarakat, dimana hari ini Kabupaten SBT dalam mendorong percepatan kese­jahteraan masyarakat bersumber dari APBD” tandasnya

Dikatakan Kolatfeka, dalam mewujudkan perputaran ekonomi di masyarakat, pihaknya mendorong upaya konektivitas antar wilayah harus menjadi konsentrasi Bupati dan Wakil Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur.

“Oleh karena itu dana-dana subsidi yang disediakan oleh belanja APBD untuk kepentingan konektivitas antar kampung, antar pulau, antar wilayah segera ,irealisasikan guna percepatan pertumbuhan ekonomi antar pulau,” cetus Kolatfeka. (S-16)