AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya meminta kepada Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) untuk memberikan kontribusi positif dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

Hal ini disampaikan oleh kaya ketika menghadiri pelantikan pengurus FPK yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Ambon, Kamis (24/10).

“Bangsa Indonesia memiliki berbagai keberagaman baik suku, ras, budaya dan agama namun itu disatukan dalam persepsi Bhineka Tunggal Ika. Untuk itu, keberadaan FPK sangat penting untuk menjaga dan memperkokoh keutuhan berbangsa dan bernegara,” ujar Kaya.

Untuk itu, ia berharap pengurus FPK Kota Ambon yang mewakili 23 etnis dapat bersama pemerintah dapat mencegah berbagai isu sarah yang bisa merambat ke masyarakat.

“FPK memiliki peran krusial selain menjaga persatuan di kota yang kita cintai ini. Saya berharap pengurus yang baru dilantik bisa menjadi pelopor persatuan dan keutuhan bangsa,” pintanya.

Baca Juga: Pempus Dinilai tak Adil bagi Maluku

Keberadaan FPK lanjutnya berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 34 Tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah.

Pada kesempatan itu juga walikota menyampaikan kepada seluruh peng­urus yang baru saja dilantik agar dapat membantu pemerintah menjaga kea­manan dan ketertiban jelang pilkada.

Di bulan November mendatang akan dilaksanakan Pilkada, Untuk itu, FPK juga memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai.

“Mari kita secara bersama-sama jaga kamtibmas guna mensukseskan Pilkada yang akan digelar pada bulan November sehingga proses bisa berjalan dengan aman dan damai,” harapnya. (S-29)