AMBON, Siwalimanews – Fakultas Hukum Universitas Pattimura bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Bengkulu menggelar workshop tentang persiapan akreditasi internasional acquin program studi S1 ilmu hukum.

Workshop yang berlangsung di ruang rapat fakultas tersebut,  digelar secara hybrid, Selasa (20/8) kemarin.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Sistem Informasi Ruslan H S Tawari dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (22/8) menjelaskan, akreditasi internasional merupakan hal penting dalam rangka mendukung indikator kinerja utama perguruan tinggi.

“Untuk itu, Unpatti memberi dukungan dan mensupport upaya fakultas hukum menuju akreditasi internasional,” tulis Tawari dalam rilis itu.

Masih dalam rilis tersebut, Dekan Fakultas Hukum Hendrik Salmon, mengapresiasi Universitas Bengkulu atas capaian akreditasi internasional acquin dan Fakultas Hukum Universitas Pattimura dengan akrediasi unggul mencoba mempersiapkan diri menuju akreditasi internasional.

Baca Juga: Rekomendasi Golkar Turun Usai Munas

“Workshop yang dilakukan hari ini sebagai langkah awal Fakultas Hukum Unpatti menuju akreditasi internasional. Pada workshop ini kita coba untuk bangun diskusi dan belajar dari Universitas Bengkulu terkait dengan pengalaman, strategi dan proses penyiapan dokumen Universitas Bengkulu raih akreditasi internasional,” tulis Salmon.

Untuk itu, dalam rangka mempersiapkan dokumen awal, Fakultas Hukum Unpatti pada bulan September akan melakukan benchmarking ke Universitas Bengkulu untuk memberikan satu pemahaman yang sama, terkait dengan penyiapan dokumen dan belajar secara langsung kesiapan proses mendapatkan akreditasi internasional, sehingga diharapkan dalam waktu dua bulan ini Fakultas Hukum Unpatti bisa melakkan submit dokumen dengan harapan, di tahun 2026, Unpatti memiliki sertifikat akreditasi unggul dan di tahun 2028 Fakultas Hukum Unpatti terakreditasi internasional.

Selanjutnya dalam rilis itu juga, Dekan Hukum Universitas Bengkulu Yamani menyambut baik kegiatan dimaksud.

I berharap, kolaborasi antara Fakultas Hukum Unpatti dan Fakultas Hukim UNIB dapat memberikan manfaat bagi keduanya, khususnya Fakultas Hukum Unpatti untuk berproses menuju akreditasi internasional dan UNIB siap mendukung semua proses itu.(S-25)