TIAKUR, Siwalimanews – Dua SMK Negeri di Kabupaten Maluku Barat Daya bakal mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus  Tahun 2023 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Bantuan ini diperuntuhkan untuk pembangunan Ruang Kelas Belajar dan LEB di dua Sekolah tersebut.

Kepala Cabang Dinas SMA/SMK Kabupaten Maluku Barat Daya, Viktor Hematang, mengakui setiap tahun sekolah di Kabupaten Maluku Barat Daya selalu mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Untuk setiap tahun ada empat sekolah yang dapat bantuan. Di­mana biasanya diberikan kepada dua SMA dan dua SMK. Tahun ini yang saya tahu pasti itu SMKN 3 dan SMKN 7 dapat bantuan. Untuk SMA, saya  belum tahu pasti,” akui Viktor Hematang, kepada Siwalima, di ruang kerjanya, Selasa (13/6).

Dirincikan Viktor Hematang,  SMKN 3 berada di Kecamatan Babar Barat, sementara SMKN 7 berada di Kecamatan Moa, Kabupaten Malu­ku Barat Daya.

Baca Juga: Penerimaan Siswa SMA Siwalima Bakal Dievaluasi

“Bantuan ini diberikan langsung dari Pemerintah Pusat melalui DAK,” katanya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pekerjaan ini pihaknya tidak dili­batkan, karena diambil atau lang­sung ditangani oleh Dinas Pendidi­kan Maluku.

Namun diharapkan sehingga ban­tuan yang akan diberikan melalui pembangunan ini dapat berjalan dan dikerjakan sesuai bestek.

Ditambahkan, pada tahun 2022 kemarin ada empat sekolah di MBD yang mendapatkan bantuan, dianta­ra­nya SMAN 9 untuk pembangunan LEB dan SMAN 20 dapat tiga RKB dan 1 LEB. Sementara SMKN 8 mendapatkan Ruang Praktek Siswa (RPS) dan SMK HANARI dapat LEB dan ruang Belajar serta WC. (Mg-2)