AMBON, Siwalimanews – Komisi IV DPRD Provinsi Maluku bakal melakukan evaluasi terhadap penerimaan siswa baru tahun ajaran 2023-2024 di SMA Siwalima yang telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.

Rencana evaluasi terhadap tahapan penerimaan siswa baru ini dipastikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Rovik Akbar Afifuddin kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Sabtu (10/6).

Komisi IV dan Dinas Pendidikan kata Rovik, sejak awal berkomitmen jika penerimaan siswa baru di SMA Siwalima untuk tahun jaran 2023-2024 ini, hanya dikhususkan kepada siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu

“Kemarin kita dapat infomasi sudah dilakukan penerimaan siswa baru dan sudah selesai dilakukan tes masuk, tapi belum tahu siapa saja yang diterima, apakah memenuhi syarat yang kita sepakati atau tidak,” ungkap Rovik.

Menurutnya, komisi akan mengevaluasinya, sebab SMA Siwalima dibiayai dengan APBD mulai dari tempat tidur, makan, baju, sepatu dan lainnya. Bila operasional sekolah dibayar dengan APBD tetapi yang menikmati adalah anak yang orang tuanya memiliki kemampuan, apalagi pejabat dan anggota DPRD, maka hal ini tidak boleh terjadi.

Baca Juga: Kasus Penganiayaan di Saparua Berakhir dengan Restorative Justice

Jika anak pejabat ingin sekolah yang bagus, maka carilah sekolah unggulan lain dan biarkan sekolah tersebut untuk anak dengan kemampuan akademiknya bagus, tapi orang tuanya tidak mampu yang terdistribusi merata dari 11 kabupaten/kota.

“Ini akan jadi bahan evaluasi kita, apakah dia mengakomodasi semua kabupaten/kota, apakah dia adalah orang kurang mampu, kita sudah kasih tahu,”ucap Rovik.

Rovik menegaskan, jika hasil evaluasi ternyata terdapat siswa yang tidak sesuai dengan kesepakatan antara Dikbud dan DPRD, maka harus dilakukan seleksi ulang sehingga dikembalikan pada peruntukannya.(S-20)