AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku mengancam akan memanggil Dinkesos Provinsi Maluku jika penyaluran bantuan sosial (Bansos) tidak tepat sasaran. Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury mengatakan hal itu menyusul sejumlah laporan pengaduan kini masuk ke DPRD terkait bantuan kepada korban dampak Covid-19 itu.

“Terkait penyaluran bansos, sampai dengan hari ini saya banyak mendapatkan laporan dan pengaduan baik melalui pesan whatsApp maupun melalui messenger. Pengaduan banyak sekali, sehingga penyaluran bantuan itu kita berharap tepat sasaran, karena nantiya Dinkesos Maluku akan kami panggil menanyakan sistim penyaluran,” ujar Wattimury di sela-sela kunjungan ke sejumlah Posko di Malteng pekan kemarin.

Ia mengaku mendapat banyak laporan dari masyarakat yang tidak mendapatkan hak-haknya. Olehnya pimpinan DPRD sudah meminta kepada komisi terkait yang membidangi kesejahteran sosial untuk memanggil mitra dalam hal ini Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Maluku.

Nantinya rapat bersama mitra perlu dilakukan untuk memintakan penjelasan sejauh mana proses penyaluran bantuan serta mekanisme penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak.

“Saya telah meminta kepada Komisi IVDPRD Maluku untuk segera lakukan rapat kerja dengan mitra untuk membicarakan pelaksanaan bantuan sosial,” tutur Wattimury.

Baca Juga: Tempat Karantina Dialihkan ke Amahusu

Ia juga mendesak komisi untuk secepatnya memanggil mitra dan jangan sampai terlambat karena di masyarakat banyak mengeluh, karena berkaitan dengan kebutuhan  makanan dan minum yang tidak boleh terlewatkan.

DPRD tambahnya, sebagai lembaga representatif dari rakyat membantu  menangani masalah yang berkaitan dengan ketidakadilan dalam penyaluran sembako. “Kalau bukan DPRD siapa lagi yang akan membantu masyarakat dan karena itu dewan sangat serius memperhatikan  keluhan-keluahan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Wattimury juga meminta kepada Dinkesos Maluku untuk dapat memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan makanan bagi masyarakat, apalagi ditengah kondisi saat ini yang mencemaskan semua lapisan masyarakat di Maluku.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Maluku Tin Renyaan mengungkapkan, berdasarkan permintaan Ketua DPRD Maluku tersebut, pihak komisi akan segera menindaklanjuti dengan memanggil mitra dalam hal ini Dinas Kesejahteraan Sosial Maluku untuk memintakan penjelasan berkaitan dengan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat.

“Kalau soal bantuan sosial, besok komisi akan meminta perjelasan mitra, jadi besok (hari ini Red) kita meminta penjelasan dinas teknis tentang itu,” kata Renyaan.  (Mg-4)