DOBO, Siwalimanews – Kendatipun dituntut Jaksa Penuntut Umum dengan pidana 8,6 tahun penjara, tetapi majelis hakim Pengadilan Tipikor Ambon justru vonis ringan mantan Kadis Pendidikan Aru, Jusuf Apalem dengan pidana satu tahun penjara

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana Ganti Uang (GU) nihil tahun anggaran 2018 yang mengakibatkan kerugian negara Rp4.320.232.102.

Sidang berlangsung, Jumat (3/11) secara online dari Pengadilan Tipikor Ambon dipimpin hakim ketua, Wilson Shriver didampingi hakim anggota Agustina Lamabelawa, dan Antonius Sampe Sammine

Bertindak sebagai JPU, Nicolas Simanjuntak dan terdakwa didampingi kuasa hukum, Elther M. Leaua.

Ketua Majelis hakim dalam putusannya mengatakan, terdakwa tidak terbukti sesuai dakwaan primair pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-l KUHPidana,

Baca Juga: Ahli Forensik Ngaku Korban Meninggal Akibat Pendarahan Otak

Menurut majelis hakim, terdakwa terbukti sesuai dakwaan subsidair pasal 3 jo pasal 18 Undang-undang Nomor 3 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Selain hukuman penjara, terdakwa juga dihukum untuk membayar denda sebesar Rp50 juta dengan subsider satu bulan kurungan. Majelis hakim menetapkan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa akan dikurangkan dari pidana yang dijatuhkan. Terdakwa diperintahkan tetap berada dalam tahanan.

Dalam putusan ini, majelis hakim menginstruksikan penuntut umum untuk mengembalikan uang sejumlah Rp150 juta yang dititipkan pada rekening Bank Mandiri Ambon tanggal 27 Juni 2023 kepada terdakwa Jusuf Apalem melalui Helena Djerol.

Faktor yang memberatkan terdakwa adalah ketidakpatuhannya terhadap program pemerintah dalam memberantas korupsi. Sementara hal yang meringankan dianggap oleh hakim adalah sikap sopan terdakwa dan belum pernah dihukum sebelumnya.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum  Kejari Kepulauan Aru, Iskandar Muda Harahap, yang menuntut terdakwa selama 8,6 tahun. Terdakwa juga dituntut membayar denda Rp300 juta dengan subsider enam bulan kurungan. (S-26)