AMBON, Siwalimanews – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon diminta untuk memperhatikan protap kesehatan khusus kepada pengunjung di sejumlah pasar tradisional maupun modern di Kota Ambon.

Sampai sekarang, masyarakat masih belum sadar pentingnya menggunakan masker disaat mewabahnya Covid-19. Anggota DPRD Kota Ambon,  Zeth Pormes mengingatkan Disperindag Kota Ambon untuk lebih serius sosialisasi pentingnya protokoler kesehatan bagi masyarakat Kota Ambon yang hendak berkunjung ke pasar.

“Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini Disperindag harus menyampaikan ke masyarakat selaku pengunjung pasar dan juga kepada pedagang tentang pentingnya protokoler kesehatan. Penggunaan masker dan jaga jarak itu penting disaat pandemik Covid-19 di Kota Ambon,” jelas Pormes kepada Siwalima Sabtu (16/5).

Meski demikian, Pormes menghimbau kepada masyarakat, dalam kondisi saat ini tidak perlu panik, tetapi yang harus dilakukan yakni mengikuti anjuran yang disampaikan oleh pemerintah.

“Dalam hal ini juga Disperindag harus melakukan tugas fungsi kontrolnya di pasar,, bahkan aparat keaamanan dan tim gugus tugas juga harus melaksanakan tugas- tugas penertiban di pasar,” himbau Pormes.

Baca Juga: Polisi Bubarkan Demo Mahasiswa SBB

Politisi Partai Golkar ini mengaku, kondisi pandemik Covid-19 mengharuskan masyarakat tetap di rumah. Tetapi untuk memenuhi kebutuhan hidup, masyarakat harus keluar rumah, namun demikian harus mengikuti protokoler kesehatan.

“Masyarakat tetap melakukan aktivitas di luar rumah karena faktor kebutuhan hidup. Kalau memang mau keluar ke pasar atau ke tempat keramaian pakailah masker dan jaga jarak. Aktivitas di pasar sngat padat, olehnya masyarakat harus pakai masker dan tak boleh berkelompok harus jaga jarak,” jelas Pormes. (Mg-5)