DINAS Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur setiap tahun terus mengusulkan anggaran keberlanjutan Terminal Bula, Desa Wailola, Kecamatan Bula, ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Hanya di tahun 2024 ini kembali mengusulkan tetapi masalah keterbatasan anggaran selalu menjadi kendalanya.

Sekertaris Dinas Perhubungan, Kabupaten SBT Mohamad Ikhsan Kilwoy saat dikonfirmasi Siwalima, melalui telepon selulernya, Sabtu, (20/7) malam itu membenarkan hal tersebut.

“Tapi kita selalu berkordinasi dengan tim anggaran pemerintah daerah untuk dianggarkan sehingga kalau bisa pada tahun 2025 nantinya dilanjutkan, bahkan kalau bisa langsung juga diselesaikan proses pembangunan di Terminal Bula itu merupakan keinginan kita semua,” pintanya.

Dikatakan, di tahun 2021-2023 itu ada tahapan penyelesaian hotmix didalam terminal tetapi akan belum selesai semua. Dan tahun 2024 kita usulkan lagi untuk pembangunan Terminal Bula, tetapi keterbatasan anggaran sehingga di tahun ini tidak ada.

“Tahun 2025 kita tetap usulkan kelanjutan terminal, bahkan kita usahakan kalau bisa bukan dikerjakan hanya sebagian saja tetapi sekaligus untuk diselesaikan. Mungkin ruang tunggu, hotmix di dalam terminal, dan juga pagar, itu kita berharap supaya dianggarkan oleh tim anggaran pemerintah daerah nantinya,” ujarnya.

Baca Juga: Atapary: Pemprov Salah Urus Penanganan Stunting di Maluku

Ditanya kendala Terminal Bula ini apa saja yang belum selesai­kan, ia mengaku, karena me­-mang keterbatasan anggaran oleh pemerintah daerah sehing­ga tidak dilaksanakan pekerjaan terminal itu secara sekaligus.

“Karena memang terminal ini kan dibangun melalui APBD, jadi kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Misalnya tahun 2025 mendatang kita usulkan kalau memang dari pemerintah daerah ada anggarannya untuk bisa diselesaikan itu sekaligus,” pungkasnya.

Ditanya total anggaran terminal bula yang di Usulkan untuk proses lanjutkan ini bagaimana, Sekdis Dishub mengungkapkan, kalau untuk total anggaran secara keseluruhan belum bisa pastikan tetapi itu nantinya dengan konsultan boleh baru bisa dapat tahu secara total keseluruhan.

“Kita berharap kalau tahun mendatang, supaya dianggarkan sehingga terminal ini selesai secara menyeluruh tapi tergantung dari tim anggaran pemerintah daerah. Kalau kita punya kemampuan anggaran daerah ada atau tidak, kalau ada saya berharap supaya tahun depan pembangunan terminal bula itu sudah harus selesai,” terangnya. (S-27)