AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku menagih janji Kepala Dinas PUPR Ismail Usemahu terkait operasional Mess Maluku.

Pasalnya, Usemahu dalam rapat bersama komisi III DPRD Provinsi Maluku diakhir tahun 2023, memberikan garansi, jika Mess Maluku akan tuntas dan beroperasi pada akhir 2023 lalu. Namun faktanya sampai dengan saat ini aset milik daerah di jantung ibu kota negara itu belum juga beroperasi.

“Kepala Dinas PU menjanjikan bahwa akhir tahun sudah akan selesai namun sudah hampir 5 tahun mess Maluku tidak bisa berfungsi secara maksimal,” ujar anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Fauzan Husni Alkatiri kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (15/1).

Alkatiri menegaskan, Kepala Dinas PUPR boleh mengkalim penyelesaian Mess Maluku, namun faktanya pemerintah tidak mampu memfungsikannya secara baik. DPRD berulang kali memberikan atensi terhadap Mess Maluku agar segera difungsikan, tetapi belum juga, artinya wajah Maluku di Jakarta itu tidak bisa berfungsi.

Padahal Mess Maluku akan dilihat orang sebagai etalase orang Maluku di Jakarta dan secara jujur harus dikatakan belum bisa dikelola secara baik.

Baca Juga: Akomodir Kontraktor Luar, Komisi III Peringati BP2JK Maluku

“Ini yang kita sayangkan, Mess Maluku ini berapa banyak anggaran yang ada disitu, bahkan mencapai puluhan miliar, tapi sampai sekarang belum difungsikan,” tandasnya.

Alkatiri pun meminta Dinas PUPR untuk segera menuntaskan pengerjaan Mess Maluku dan segera difungsikan agar menjadi sumber pendapatan tambahan bagi Pemprov Maluku.(S-20)