AMBON,  Siwalimanews – Seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku diberikan peringatan agar tidak cawe-cawe di pilkada Maluku untuk memenangkan calon tertentu.

Peringatan keras ini disampaikan anggota Komisi I DPRD Maluku Alimuddin Kolatlena kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Kamis (12/9).

Kolatlena mengaku, akhir-akhir ini melalui media masa terpampang informasi adanya sejumlah kepala OPD yang secara terang-terangan mendukung calon tertentu dan ini sangat disayangkan.

Pasalnya, pimpinan OPD memiliki tugas dan tanggung jawab memastikan pelayanan publik berjalan dengan lancar bukan terlibat dalam politik praktis dengan mendukung pasangan calon tertentu dalam pilkada.

“Pimpinan OPD itu harus memastikan  ASN di lingkungan kerjanya netral saat pilkada, jadi kami ingatkan baik pimpinan OPD maupun ASN tidak cawe-cawe mendukung pasangan calon tertentu,” tegas Kolatlena.

Baca Juga: Ririmase Kembalikan Kendaraan Dinas ke Pemkot

Menurutnya, kasus cawe-cawe ini sudah sering dijumpai di lapangan saat pilkada maupun pemilu, dimana ada pengerahan ASN untuk terlibat dalam pemenangan calon tertentu.

Padahal, dalam berbagai kesempatan pimpinan OPD mengatakan akan menjaga netralitas tetapi ternyata kepentingan justru menggiring ASN.

“Sebagai komisi I kita memberi aatensi tegas supaya pimpinan OPD dan ASN menyadari posisi dan tugas sebagai pelayan masyarakat bukan terlibat memenangkan calon tertentu,” tandasnya.(S-20)