AMBON, Siwalimanews – Kinerja Tim Pendampingan dan Percepatan Negeri Pemerintah Kota Ambon, yang dipimpin Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Pieter Saimima, patut diapresiasi.

Pasalnya, setelah melakukan pendampingan terhadap sejumlah negeri yang belum memiliki raja definitif, bahkan ada beberapa negeri yang sudah puluhan tahun tidak dapat berproses untuk memiliki seorang raja definitif, kini porgresnya mulai terlihat.

Bahkan, Pemkot Ambon menargetkan, diakhir tahun ini atau di bulan Desember nanti, ada sekitar 10 negeri yang akan memiliki raja definitif.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (15/9) mengatakan, tim hingga kini masih berproses, dan tentu punya target dalam proses tersebut. Bahkan tim memprediksi, dalam bulan September hingga Oktober mendatang, akan ada beberapa negeri yang akan dilantik raja definitifnya.

“Mudah-mudahan dalam bulan ini ada yang dilantik. Kita prediksi empat, tapi akan dilihat sesuai perkembangan prosesnya, dan akan disusul empat lainnya. Yang penting ada progres dalam penyelesaian negeri yang belum punya raja defenitif,” ucap walikota.

Baca Juga: Besok, Presiden Kunjungi Aru

Ditempat yang sama Ketua Tim Pendampingan dan Percepatan Negeri Pemerintah Kota Ambon, Pieter Saimima menambahkan, 10 negeri yang sementara didampingi oleh tim, delapan diantaranya ditargetkan selesai pada bulan Desember tahun ini.

Sementara dua lainnya, yakni Batu Merah dan Passo, tetap akan menunggu hingga ada keputusan hukum yang inkrah.

“Jadi nanti H-1 sebelum pelantikan, akan disampaikan resmi oleh Penjabat Walikota. Prinsipnya paling tidak untuk negeri-negeri yang tidak masuk dalam ranah hukum, akan diselesaikan,” ujarnya.

Ia juga memastikan, dalam waktu dekat ini, akan ada pelantikan untuk beberapa raja pada beberapa negeri.(S-25)