AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur Watubun mengingatkan seluruh elemen masyarakat agar waspada dengan bencana banjir dan tanah longsor.

Peringatan ini disampaikan Watubun kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (27/5) merespon cuaca ekstrim yang terjadi beberapa waktu belakangan.

Watubun menjelaskan, sebagian besar warga Maluku menempati daerah lereng gunung dan tepi aliran sungai yang berpotensi terdampak jika curah hujan tinggi.

Kondisi letak geografis Maluku yang rentan terhadap bencana harus menjadi perhatian serius dari masyarakat dengan tetap waspada saat musim hujan tiba.

“Fenomena musim penghujan itu, maka rawan untuk terjadi bencana tanah longsor maupun banjir. Karena itu, saya mengharapkan bagi masyarakat yang menetap di lokasi rawan longsor maupun rawan banjir untuk tetap siaga,” himbau Watubun.

Baca Juga: Talabessy Minta Panwascam Jalankan Tugas dengan Baik

Menurutnya, jika terjadi longsor maupun banjir, maka masyarakat dengan cepat menghubungi BPBD di masing-masing daerah untuk mendapatkan penanganan darurat.

BPBD di seluruh kabupaten/kota juga diminta untuk lebih responsif terhadap setiap informasi bencana yang disampaikan masyarakat.

“Disaat kondisi mendesak, maka masyarakat bisa secepatnya menghubungi BPBD di daerah masing-masing untuk penanganan dini dan cepat agar tidak merugikan masyarakat akibat bencana longsor dan banjir,” pinta Watubun.(S-20)