AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Ma­luku, Saodah Tethool mengingatkan seluruh operator  kapal baik perintis maupun Pelni untuk mengutamakan keselamatan penumpang saat melakukan pelayaran.

Peringatan ini disam­paikan Tethool menyi­kapi cuaca buruk aki­bat gelombang tinggi maupun  hujan deras yang terjadi pada se­jumlah wilatah di Ma­luku dan mengancam pelayaran.

Menurutnya, operator ka­pal harus dapat memastikan kapal dalam keadaan layak untuk berlayar yang didu­kung dengan kelengkapan alat-alat keselamatan bagi para penumpang.

“Kami mengingatkan operator pelayaran perintis maupun rakyat hingga kapal Pelni yang beroperasi selama melayani angkutan selama tahun baru ini untuk mempriori­taskan keselamatan pelayaran dan penumpang,” ujar Tethool saat diwawancarai Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (27/12).

Tethool mengungkapkan, saat ini cuaca ekstrem yang berdampak pada  angin kencang dan gelombang laut sementara terjadi dan melanda sejumlah wilayah di Maluku, tetapi bersamaan dengan itu ada banyak warga yang melakukan perjalanan laut untuk akhir tahun.

Baca Juga: JAR Salami Ribuan Warga di Rumah Masa Kecilnya

Menurutnya, kecelakaan laut yang jadi beberapa waktu belakangan ini seperti di sekitar perairan Negeri Aboru, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah harus menjadi pembelajaran bagi operator kapal.

“Sebagai wakil rakyat kita tetap melakukan koordinasi untuk memastikan pelayaran menjelang tahun baru dapat berjalan dengan baik,” tegas Tethool.(S-20)