TIAKUR, Siwalimanews – Calon Jamaah haji asal Kabupaten Maluku Barat Daya kembali bertambah di tahun 2024.

Di tahun 2023 lalu, kabupaten dengan tajuk Kalwedo hanya mengirim delapan orang sekarang menjadi sembilan orang CJH.

Hal ini dikatakan Kepala Penyelenggara Pendidikan, Bimas Islam dan PHU Kantor Kementerian Agama MBD, Muhammad Nasir Rahayaan kepada Siwalimanews, Rabu  (15/5).

Ia menjelaskan jumlah itu laki-laki empat orang dan perempuan lima orang.

“Kita punya kuota CJH di MBD enam orang, tetapi kita mendapatkan tambahan jadi jumlah sepuluh orang. Hanya saja dalam pelaksanaanya satu orang CJH di kloter 32 sehingga berdasarkan koordinasi dengan Kanwil, satu orang CJH ini dimutasi ke Kabupaten SBT. Jadi CJH MBD tinggal sembilan orang,” jelasnya.

Baca Juga: Dari Rakor SKK Migas Pamalu, KPK Beri Solusi Atas Curhatan Operator

CJH asal MBD nantinya akan tergabung dalam Kloter 27.  Sedangkan untuk pembinaan manasik haji, kata Nasir sudah dilaksanakan sejak tanggal 5 Mei kemarin.

“Hari ini akan dilakukan vaksin Meningitis untuk CJH,” akuinya.

Keberangkatan CJH Sementara akan dilakukan pada 28 Mei dengan menggunakan pesawat Trigana Air menuju Ambon dan selanjutnya dari Ambon-Makassar menggunakan pesawat Lion Air dan dari Makassar-Arab Saudi menggunakan pesawat Garuda.

“Kembali dari Arab Saudi pada tanggal 12 Juli dan tiba di Makassar tanggal 13 Juli dan akan berangkat dari Makassar sekitar jam 4 subuh pagi dan sampai Ambon sekitar jam 7 pagi dan selanjutnya akan bertolak dari Ambon ke MBD sekitar tanggal 14 Juli 2024,” jelasnya.

Dia berharap sehingga CJH dapat menjalankan ibadahnya dengan baik dan bisa mengikuti arahan dari para Ketua Kloter maupun Ketua Regu serta Ketua Rombong, semoga menjadi Haji yang Mabrur.(S-28)