AMBON, Siwalimanews – Satuan Brimob Polda Maluku, sampai dengan saat ini masih mengandalkan metode penyemprotan cairan disinfektan yang hingga kini masih dikenal cukup ampuh untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

10 Personel Subden 3 KBR Detasemen Gegana hari ini, Rabu (20/1) kembali diterunkan untuk melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan pada sejumlah pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi warga kota.

Aksi penyemprotan yang dipimpin Iptu A Manullang ini menggunakan mobil khusus. Langkah ini merupakan respons Brimob Maluku untuk mencegah munculnya klaster baru penyebaran virus corona di tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan dan merambah ke klaster rumah tangga.

“Penyemprotan ini masih dikenal cukup ampuh dalam menanggulangi penyebaran bakteri, bahkan virus yang telah bermukim diberbagai fasilitas dan bangunan umum yang sering dikunjungi masyarakat,” ujar Manullang.

Selain pusat perbelanjaan, tim juga menyemprot sejumlah pertokoan dan lapak serta jalan protokol. Penyemprotan ini dilakukan mulai dari pegangan pintu, hingga seluruh sisi bangunan, termasuk lantai, kursi, ruangan serta fasilitas lainnya seperti toilet, tempat parkir dan basemen.

Baca Juga: Brimob Tetap Komitmen Basmi Covid-19 di Maluku

“Bahkan fasilitas lain yang sering terkena sentuhan tangan para pengunjung di pusat perbelanjaan tak luput dari pantauan personel untuk disemprot,” ujarnya.

Kegiatan ini tambah Manullang, merupakan bentuk kepedulian Brimob Maluku terhadap warga Kota Ambon dengan harapan agar, warga kota juga dapat berkerjasama guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (S-45)