AMBON, Siwalimanews – Metode kampanye dari pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon nomor urut 1, Agus Ririmasse-Muhammad Novan Liem yang lebih memilih berdialog secara langsung yang menjadi harapan masyarakat ketimbang menyampaikan visi misi secara formal, ternyata diapresiasi oleg masyarakat.

Bahkan cara kampanye Agus-Novan inipun diapresiasi masyarakat dan itu dibuktikan saat paslon ini berada di Desa Tawiri dan Hila Tanah Putih, Rabu (16/10) sore kemarin, dimana paslon ini lebih banyak berbagi pengalaman dan cerita-cerita inspiratif yang faktual hingga mengundang gelak tawa masyarakat yang hadiri kampanye keduanya.

Politik riang gembira ini diciptakan pasangan AMAN dan ini seiring dengan misi yang digagas keduanya jika terpilih memimpin Ambon lima tahun kedepan, yaitu Ambon Harmonis.

Nona Tentua warga Tawiri yang hadir dalam akmpanye itu mengaku, senang karena tidak merasa bosan untuk menghadiri prosesi kampanye pasangan Agus-Novan.

“Bagus, katong seng bosan (kita-tidak bosan-red)  dan cara kampanye seperti ini buat kita cepat tangkap apa yang disampaikan. Kalau yang lain menurut beta (saya-red) terlalu tegang dan monoton,” ujar Tentua usai mengikuti kampanye paslon AMAN.

Baca Juga: Empat Jabatan Utama di Polres SBB Diserahterimakan

Hal yang sama juga disampaikan warga Hila Andreas Parera yang juga memuji model kampanye Agus-Novan.

“Lebih baik kampanye bagitu, karena masyarakat kan su duduk tunggu lama, musti ada kreatif supaya tak monoton. Antua berdua bagus,” tandasnya.

Untuk diketahui, saat berkampanye pada tiga titik ini, yakni di Desa Tawiri, Dusun Riang Palungan Kasih dan Hila, Paslon AMAN  masih konsisten akan fokus untuk perbaikan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, penguatan pelaku UMKM serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program konkret jika terpilih.

“Kita berdua datang dengan ketulusan hati, bertemu semua keluarga disini sebagai seorang saudara. Kami berkomitmen, jika terpilih, kita tidak akan menghilang lima tahun dan hanya kembali saat kampanye berikutnya. Kami akan selalu hadir par basudara,” janji Ririmasse.

Dengan visi untuk menjadikan Ambon sebagai kota yang maju, mandiri, dan berkelanjutan. Hal ini berarti melanjutkan dan meningkatkan apa yang telah dibangun pemimpin Ambon sebelumnya yaitu  Richard Louhenapessy.

“Kota ini harus maju, mandiri, dan berkelanjutan. Apa yang sudah ditanamkan pemimpin sebelumnya akan kami lanjutkan dan kembangkan,” tandas Ririmasse.

Kemudian untuk enam misi pembangunan Kota Ambon kedepan kata Ririmasse,pasangan AMAN memiliki misi utama yang akan dijalankan jika terpilih yakni, pertama, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan.

Dimana pasangan ini berencana memberikan seragam gratis kepada  anak-anak yang masuk SD dan SMP, serta menyediakan buku pelajaran jika anggaran daerah mencukupi, serta memberikan beasiswa kepada anak-anak berpotensi yang ingin melanjutkan pendidikan dibidang kedokteran, tetapi terhalang biaya.

Kedua,  fasilitas kesehatan yang lebih baik, dimana pasangan ini, berkomitmen membangun rumah sakit milik pemkot untuk memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang cepat dan berkualitas.

“Kami akan bekerja sama dengan BPJS serta memastikan tidak ada persyaratan yang mempersulit pasien untuk mendapatkan tindakan medis lebih dulu,” ucap Ririmasse.

Ketiga, peningkatan sarana dan prasarana, dimana infrastruktur seperti jalan, dan penerangan jalan akan menjadi prioritas, serta harus ada lebih banyak puskesmas pembantu  untuk memudahkan akses kesehatan

Keempat, ketersediaan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau, dimana psangan ini akan memastikan lewat operasi pasar rutin untuk pengendalian harga dan menjamin bahan pokok tetap tersedia.

Kelima, bantuan untuk UKM, dimana tim verifikasi akan memastikan bantuan diberikan kepada pelaku usaha yang benar-benar membutuhkan, dengan skema dana bergulir yang tidak memaksa pengembalian di bulan-bulan awal.

Keenam, birokrasi yang transparan, dimana paslon Agus dan Novan berkomitmen menerapkan sistem merit berbasis kompetensi dalam birokrasi pemerintahan, untuk memastikan pelayanan publik yang profesional dan efisien.

Dengan visi yang jelas dan misi yang konkret, pasangan Agus Ririmasse-Novan Liem berharap, dapat membawa perubahan nyata bagi masyarakat Kota Ambon, menciptakan kota yang lebih maju, mandiri dan berkelanjutan.(S-25)