BUPATI Kabupaten Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach menjad inspektur upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke 79 tahun 2024 dan Hari Kesadaran Nasional, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Maluku Barat Daya, Selasa (17/9).

Bertindak sebagai Komandan Upacara Pasilog Kodim 1511 Pulau Moa Lettu Arm, Ruben Sohuwat.

Turut hadir Wakil Bupati MBD Agustinus Lekwarday Kilikily, Ketua PMI MBD Rommi I. Rumambi, para pimpinan OPD Lingkup Pemda MBD serta tamu undangan lainnya.

Bupati dalam amanatnya mengatakan, PMI didirikan berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 25 tahun 1950 dan nomor 246 tahun 1963 tentang Perhimpunan Palang Merah Indonesia. Selanjutnya diperkuat dengan lahirnya UU nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dengan menjalankan berbagai kegiatan antara lain, penanganan bencana, penanganan complit, penyedian darah yang aman dan sehat, penanganan masalah kesehatan sosial, serta pendidikan dan pelatihan dalam rangka pemindahan karakter generasi muda dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya.

“Berdasarkan mandat UU tersebut, PMI sebagai organisasi kemanusiaan ini dirikan untuk membantu tugas pemerintah dengan tujuan untuk meringankan penderitaan sesama manusia yang disebabkan oleh bencana dan lainya yang tidak membedahkan agama, suku bangsa, bahasa, warna kulit, jenis kelamin, golongan dan pandangan politik,” katanya.

Baca Juga: DPRD Maluku Tetapkan Dua Ranperda

Akan tetapi kata dia, tetap berpedoman pada prinsip-prinsip dasar gerakan Internasional Palang Merah dan bulan Sabit Merah yaitu kemanusian, kebatabahan, kenetralan, kemandirian, kesukarelahan, kesatuan dan kesemestaan.

Dikatakan, dunia saat ini telah diperhadapkan pada ancaman perubahan iklim pada bumi dan seisinya. Dampak perbuhaan iklim sangat luas di masyarakat. Tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi, tapi juga mempengaruhi berbagai aspek alam dan kehidupan manusia.

“Pada perayaan HUT kali ini, PMI berinisiasi melakukan kegiatan-kegiatan adaptasi perubahan iklim dan berkomitmen menjadi bagian dari solusi untuk bumi yang lebih baik sesuai tema peringatan HUT PMI ke 79 tahun ini yaitu” Aksi Adaptasi Iklim,” akuinya.

Kata dia, kegiatan PMI pada segala lini ditujukan untuk memberikan respon terhadap perubahan iklim yang terjadi saat ini. Oleh karenanya, dirinya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada organisasi PMI MBD bersama jajaran yang telah hadir dan berkipra memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat.

“Pada segenap jajaran PMI, marilah kita melaksanakan amanah dan kegiatan dengan penuh keihklasan, profesional, transparan, dan akuntabel sehingga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan merupakan modal utama bagi PMI agar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Marilah terus bergerak bersama PMI pada setiap peningkatan, mengedepankan kegiatan yang berfokus pada layanan masyarakat serta terus menebar kebaikan. Menolong dengan hati serta memberikan manfaat bagi masyarakat banyak,” ujarnya.

Dalam rangka Hari Kesadaran Nasional yang kita peringati setiap tanggal 17 bulan berjalan, maka kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus meningkatkan disiplin kerja, menjaga persatuan dan kesatuan, saling menghormati satu dengan yang lain dan tetap teguh menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai aturan yang berlaku.

“Kita menghadapi Pilkada serentak tahun 2024, maka seluruh ASN haruslah Netral dan menjaga persatuan dan kesatuan agar Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar. Dan hasil akhirnya mendapat kepercayaan masyarakat,” pungkasnya. (S-28)