AMBON, Siwalimanews – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus menurun dalam sepekan, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) meminta kepada masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan.

Pekan lalu, jumlah kasus terkonfirmasi di kabupaten dengan tajuk Kalwedo masih diangka 400 lebih. meningkatnya pasien yang sembuh, kasus terkonfirmasi  dibawah 100 kasus.

“Angka kesembuhan kita cukup tinggi, namun masyarakat tidak perlu terlena, prokes harus tetap dijalankan,” tegas Sekretaris Daerah MBD Alfonsius Siamiloy kepada Siwalima kemarin.

Menurutnya dengan menurunnya angka terkonfirmasi itu pertanda bahwa masyarakat benar-benar sadar akan bahwa virus mematikan ini.

“Mereka yang dinyatakan terkonfirmasi langsung melakukan isolasi mandiri, ada juga yang terpusat. Dengan segala upaya yang kita lakukan, jumlah terkonfirmasi kita terus menurun,” jelas Siamiloy.

Baca Juga: Bupati: Enam Perda Mulai Digunakan

Dengan kondisi ini, pemerintah kabupaten terus berupaya untuk terus mengelar vaksinasi massal untuk melindungi masyarakat.

“Kasus turun, bukan berarti pemerintah daerah maupun satgas itu diam, tetapi kita terus beruya agar semua masyarakat itu mendapatkan vaksinasi. Ini yang kita sementara kejar,” terang Siamiloy.

Selain itu juga dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat ketika melakukan aktivitas di luar rumah wajib menjalankan protokol kesehatan.

“Pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas ini penting untuk sama-sama kita memutus mata rantai penyebaran covid,” tegasnya.

Selain itu juga pemerintah daerah telah melongkarkan penerapan antigen maupun PCR bagi pelaku perjalanan yang datang maupun yang keluar dari MBD.

“Kita longgarkan sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat tetapi khusus bagi masyarakat yang sudah dua kali vaksin atau vaksin lengkap,” tambahnya lagi. (S-09)