BUPATI Maluku Barat Daya, Benjamin Thomas Noach, mengakui hasil-hasil yang telah dicapai bersama lewat perjuangan kita bersama baik Pemerintah Daerah, stakholder, dan semua lapisan masyarakat sehingga hari ini kita mencapai perubahan-perubahan.

“Angka indeks pembangunan manusia tahun 2020 10,90 persen dan tahun 2023 naik menjadi 66,71 persen. Pengangguran terbuka tahun 2020  3,6 persen dan tahun 2023 menjadi 2,43 persen,” ujar Noach, pada upacara peringatan HUT Kabupaten MBD ke 16, di lapangan Kalwedo, Minggu (21/7).

Untuk pertumbuhan ekonomi tahun 2020 karana Covid, maka pertumbuhan ekonomi -0,13 persen dan tahun 2023 menjadi 4,56 persen. Selanjutnya untuk angka kemis­kinan tahun 2020 sebesar 29,55 persen dan tahun 2023 turun menjadi 28,78 persen.

“Masih tinggi tapi kita bergerak turun terus muda-mudahan lewat perjuangan bersama kita akan terus menurunkan angka kemiskinan kita,” harapnya.

Selain itu, kata Bupati, untuk laporan keuangan Pemerintah Daerah mendapatkan predikat WTP lima kali berturut-turut dari 2019-2020-2021-2022 dan 2023.

Baca Juga: Sekot Lantik RT/RW Desa Poka

“Kemudian kita juga menda­patkan pengargahan dari Ombudsmen perwakilan Maluku karena standar pelayanan kita menjadi lebih baik,” akui Noach.

Dan untuk menurunkan angka kemiskinan, menurutnya, Pemerin­tah Daerah Kabupaten MBD terus membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, air bersih, sekolah, puskesmas dan fasilitas lainya. Bahkan pemerintah daerah juga memberikan bantuan pemberdayaan kepada masyarakat, misalnya sped­boad, tosa dan lainya. Tu­juannya untuk mengurangi angka kemiskinan.

Pemerintah daerah juga membe­rikan behasiswa baik kepada pegawai negeri sipil maupun kepada masyarakat umum untuk bersekolah dibidang kesehatan, karena kita kekurangan medis di MBD.

“Pemda juga pemberian insentif kepada kepala soa dan saniri diseluruh MBD, karena mereka telah melak­sanakan tugas-tugas peme­rintahan di desa tanpa dibayar selama ini. Pemda juga melindungi para tukang tipar yang telah memproduksi sopi dengan men­dapatkan BPJS Ketenagakerjaan berjumlah 1.372 orang dan nelayan berjumlah 2.771 orang serta pegawai kontrak non ASN berjumlah 2.641 orang,” paparnya.

Kedepan, tambah Bupati Noach bahwa kita akan terus membangun infrastruktur perumahan rakyat dan terus meningkatkan pendidikan dan pelayanan kesehatan agar rakyat MBD menjadi lebih baik.

“Mari satukan hati, bergandeng tangan, dan jangan ada kedengkian dan tipu muslihat diantara kita. Kita melangka bersama dengan potensi kita yang ada dan kemampuan pribadi kita masing-masing berinovasi dan berkreasi membangun MBD yang lebih baik dan MBD yang hebat,” pinta Noach. (S-28)