BULA, Siwalimanews – Bupati Abdul Mukti Keliobas mengajak insan pers untuk ikut membantu pemerintah membangun Seram Bagian Timur.

Kehidupan pers secara nasional yang merdeka, profesional, dan  bermartabat dan beradab serta terpenuhinya hak publik memperoleh informasi tepat dan akurat.

“Kami ingin mengajak seluruh insan pers agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen untuk berperan serta dalam pembangunan di SBT lewat pemberitaan,” kata bupati dalam sambutan yang dibacakan Sekda Jafar Kwairumaratu saat Konferda I PWI yang berlangsung di salah satu cafe di Kota Bula belum lama ini.

Menurutnya kehadiran ketua PWI Maluku dan rombongan di bumi Ita Wotu Nusa dapat mempererat tali silaturahmi serta membawah berkah dalam dunia jurnalistik.

“Kami sangat bersyukur dan bahagia dapat hadir bersama para insan pers pada acara yang istimewa ini dengan harapan dapat membawah misi dan tujuan yang mulia demi terwujudnya kehidupan pers secara nasional yang merdeka, profesional, dan  bermartabat dan beradab,” jelas Keliobas.

Baca Juga: Pemkot Cairkan Uang Pengganti bagi 26 KK

Selain itu kegiatan yang berlangsung saat ini lanjutnya tentu saja bernafaskan semangat untuk mewujudkan kehidupan pers yang tidak hanya merdeka, dan juga profesional martabat serta menjamin terpenuhinya hak masyarakat untuk memperoleh tepat, akurat dan jurnalistik.

“Sebagai pemimpin tertinggi SBT, saya menyadari betul persen dan fungsi pers dalam usaha dan mengembangkan untuk membangun Kabupaten SBT,” terangnya.

Untuk itu di kesempatan itu juga ia mengajak seluruh stakeholder termasuk pers ikut membantu pemerintah lewat perannya masing-masing.

Ditempat yang sama Ketua PWI Muhamad Yasin Kelderak mengaku siap mempererat kerjasama kemitraan dan membantu pemerintah membangun SBT.

Dikatakan jurnalis di SBT telah ikut membantu menyongsong perkembangan dan kemajuan di daerah ini. Bukan saja ikut memberitakan atau mengkon­sum­sinya sebagai sosial kontrol.

Kami juga ikut menyebarluaskan potensi-potensi di SBT dan juga capaian dari hasil-hasil pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab SBT,” ujar Kelderak.

Dunia digital terus berkembang pesat dan banyak platform media bermunculan dimana-mana.

Berita-berita dengan mudah di akses melalui berbagai platform media seperti WhatsApp dan Instagram, maupun Facebook lain sebagainya.

“Ini menjadi tantangan kita kedepan,” ungkapnya. (S-27)