BULA, Siwalimanews – Pelaksana tugas Bupati Timotius Akerina mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga honorer di lingkup pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) untuk menuduk kepala sejenak mengheningkan cipta untuk mengenang jasa arwah Almarhum Moh. Yasin Payapo.

Ajakan heningkan cipta tersebut pada saat Bupati Timotius Akerina memimpin apal perdana bersama ASN lingkup Pemkab SBB yang berlangsung di lapangan upacara Kantor Bupati belum lama ini.

Bupati dalam arahannya mengatakan, menjelang sembilan bulan masa berakhir jabatannya dirinya menginginkan semua stakeholder serta pemangku kepentingan untuk selalu fokus dalam memperbaiki sistem demi terwujudnya membangun daerah ini dalam rangka Kase Bae SBB yang lebih baik lagi kedepan.

Diungkapkan, selama masa kepemimpinan dirinya dengan Almarhum Payapo dengan komitmen untuk Kase Bae SBB dan menyelesaikan semua permasalahan-permasalahan di daerah ini demi kesejahteraan masyarakat di Bumi Saka Mese Nesa.

“Demi mewujudkan SBB lebih baik lagi kedepan, saya harapkan semua stekeholder di lingkup pemerintah daerah harus disiplin dalam menjalankan tugas dan tupoksi masing-masing. Apabila tidak menjalankan disiplin dengan baik maka saya tidak tanggung-tanggung untuk menindak ASN,” tegas Bupati.

Baca Juga: Pembangunan Masjid Raya Ditargetkan Selesai 2023

Akerina menambahkan, dirinya sengaja menggelar apel perdana ini dengan menghadirkan semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan pejabat desa serta semua ASN lainnya, sehinga dapat mengenal lebih dekat lagi. Sebab selama ini para pejabat kepala desa tidak menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya.

Menurutnya, selama menjabat sebagai pejabat kades lebih mengutamakan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dari pada tanggungjawabnya sebagai seorang guru maupun medis.

Hal ini yang membuat kerja semakin menurun, kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pelayanan kesehatan di daerah ini. Untuk itu, kata bupati, ASN yang tidak menjalankan tugas dengan baik sesui tufoksinya maka itu dirinya akan memperbaiki semuanya, sehingga tidak ada yang merangkap jabatan.

“Saya harap kedisipilinan sebagai seorang ASN dalam melaksanakan tugasnya harus sesuai dengan fungsinya,” tegasnya.

Lanjutnya, dengan kepemimpinnya yang hanya kurang lebih dari sembilan bulan ini maka dirinya akan mengembalikan kondisi yang selama ini tak tersentuh. Hal ini demi Kase Bae SBB. Untuk itu Akerina tidak mau melihat hal yang aneh-aneh seperti ada Bupati kecil-kecilan.

“Sebab itu selaku pemerintah daerah saya berharap untuk kita sama-sama satukan barisan, niat demi Kase Bae Bumi Saka Mese Nusa yang sama-sama kita cintai demi kesejahteran masyarakat dan juga tidak ada saling cemburu. Dengan kerja sama ini untuk memajukan daerah ini yang lebih baik lagi,” tutur tandasnya. (S-48)