AMBON, Siwalimanews – BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi salah satu program yang diberi nama Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) di Desa Pesiar, yakni Desa Wailola, Desa Limumir dan Kampung Gorom, SBT

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Harbu Hakim, dalam rilisnya Senin (6/5) mengatakan, program ini diluncurkan untuk mengakselerasi proses rekrutmen peserta, sekaligus untuk meningkatkan keterlibatan aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Dengan program ini, warga tidak kesulitan dalam menjalankan program JKN. Apabila ada kesulitan, maka kami akan lebih mudah untuk berkoordinasi dengan warga itu sendiri,” jelasnya.

Dengan program ini pihaknya berharap dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kantor SBT, Elsa W Tutuarima mengatakan, pihaknya akan melakukan pemetaan bagi desa yang belum terlindungi oleh JKN, sekaligus mengadvokasi masyarakat terkait kepesertaan JKN dan memastikan masyarakat menjadi peserta.

Baca Juga: Jampidmil Kunjungi Ambon

“Kami akan terus bergerak aktif untuk mengidentifikasi status kepesertaan warga, terutama yang belum terdaftar ke dalam program JKN,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa hasil dari sosialisasi ini, dimana setiap desa pesiar akan menunjuk 1 orang sebagai agen pelaksana program Pesiar.

Pada kesempatan itu, Camat Bula, Hadi Rumbalifar mengapresiasi kegiatan dimaksud.

Menurutnya, ini merupakan langkah positif yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat.

“Kami berkomitmen akan memfasilitasi jika BPJS Kesehatan ingin melaksanakan kegiatan yang mengundang desa lain di wilayah kerja Kecamatan Bula,” katanya.

Kepala Desa Limumir, Samun Tomanima menambahkan, bahw pihaknya akan bersinergi bersama BPJS Kesehatan untuk mendukung pelaksanaan Pesiar. (S-25)