AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mendukung transformasi mutu layanan, maka BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon bekerjasama dengan RRSUP Dr Johanis Leimena Ambon untuk pelayanan kateterisasi cathlab per tanggal 6 November 2023.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Saiyed Abdul Gaffar Assaggaf menjelaskan, layanan kateterisasi jantung (cathlab) adalah suatu pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah.

Layanan cathlab merupakan bentuk kolaborasi untuk mendukung penuh program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS.

“Bicara mengenai universal health coverage (UHC), artinya tidak hanya tentang cakupan kepesertaan, namun juga tentang aksesibilitas dan kualitas mutu layanan kepada seluruh Peserta JKN,” tulis Assaggaf dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (8/11).

Untuk mewujudkan itu kata Assaggaf , BPJS bersama-sama dengan fasilitas kesehatan fokus kepada transformasi mutu layanan. Dan salah satu pengejawantahan dari transformasi itu, adalah perluasan layanan kerjasama cathlab, kemoterapi dan radioterapi. “Alhamdulillah, di tahun 2023 ini,

Baca Juga: Advokasi dan KIE Kunci Keberhasilan Keluarga Bahagia

BPJS Kesehatan berupaya menghadirkan terobosan dengan penyesuaian proses kredensialing dengan harapan memberikan kemudahan dalam kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan. Dan ini yang sudah bisa terwujud adalah kerjasama layanan cathlab di Provinsi Maluku.

“Kami berharap, kerjasama ini dapat meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat di Provinsi Maluku,” harapnya.

Sementara itu, Direktur utama RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon drg Saraswati mengaku, pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya melalui layanan cathlab ini.

“Kami selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien. Salah satu cara adalah dengan melengkapi sarana dan prasarana penunjang medis, seperti pelayanan cathlab ini,”ujar Saraswati. (S-25)