AMBON, Siwalimanews – Presiden Joko Widodo menyumbangkan hewan kurban bagi umat Muslim di Kota Ambon untuk merayakan Hari Raya Idhul Adha 1444 Hijriah. Bahkan tak tanggung-tanggung satu ekor sapi jenis limousin jantan yang disumbangkan presiden dengan bobot mencapai 900 kilogram.

Penyerahan sapi kurban bantuan presiden ini secara simbolis diserahkan oleh Gubernur Maluku Murad Ismail dan diterima langsung Imam Besar Masjid Raya Al Fatah Ambon, H RR Hasanusi dipelataran Masjid Raya Al Fatah Ambon, Rabu (28/6).

Ketua Panitia Penyaluran Hewan Kurban Mustafa Sangadji dalam laporannya menjelaskan, bantuan hewan kurban yang diserahkan berupa, sapi Bali ukuran 90 hingga 100 kg sebanyak 97 ekor dan kambing sebanyak 30 ekor.

“Dalam kesempatan ini kita turut menyerahkan 1 ekor sapi jenis Limousin bantuan Presiden RI Joko Widodo dengan berat 900 kg dan 1 ekor sapi jenis Madura Jantan bantuan Gubernur Maluku dengan berat 800 kg,” ungkap Sangadji.

Menurutnya, bantuan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo diserahkan oleh Gubernur Maluku kepada Imam Masjid Raya Al-Fatah Ambon untuk disembelih dan dibagikan kepada umat Muslim disekitar Kota Ambon.

Baca Juga: KPU: DPT Pemilu Capai 1.3 Juta Pemilih

Sementara untuk sapi kurban bantuan Gubernur Maluku akan diserahkan kepada masyarakat Negeri Asilulu, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.

Untuk 97 ekor sapi dan 30 ekor kambing akan diserahkan kepada Panitia Idul Qurban yang telah terbentuk pada masjid-masjid atau pemukiman masyarakat yang tersebar di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Sangadji berharap, bantuan hewan qurban yang diberikan Presiden Joko Widodo dan pihak lain dapat digunakan untuk kebutuhan umat Muslim di Maluku dalam merayakan Idhul Adha 1444 Hijriyah.(S-20)