AMBON, Siwalimanews – PT BNI (persero) mendu­kung pengembangan Kota Ambon sebagai kota cerdas atau smart city yang digagas Pemerintah Kota Ambon.

Dukungan itu diberikan dalam bentuk penandata­nganan nota kesepahaman pemanfaatan fasilitas jasa dan layanan perbankan serta dukungan program smart city antara pemerintah kota ambon dalam hal ini Walikota Ambon, Richard Louhena­pessy dengan PT BNI (Persero).

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sam­butannya mengatakan, tu­juan dari kegiatan tersebut, sangatlah baik, dimana untuk mendukung tata kelola ke­uangan, keuangan inklusif, dan perekonomian nasional, diperlukan percepatan dan perluasan digitalisasi melalui elektronifikasi transaksi pe­merintah daerah, untuk ke­giatan transaksi belanja dan pendapatan daerah, serta pembayaran di masyarakat secara non tunai yang ber­basis digital.

“Percepatan dan perlua­san digitalisasi perlu dilak­-sana­kan untuk peningkatan efi­siensi dan efektifitas layanan publik, sebagai upaya untuk mendukung transparansi da­lam sistem pemerintahan, guna mengoptimalkan penda­pa­tan daerah dan kesehatan fiskal,” kata walikota dalam rilis yang diterima Siwalima, Rabu (31/3).

Diakui BNI memiliki salah satu konsep yang dikem­bangkan dalam mewujudkan kota cerdas atau lebih dikenal dengan BNI smart city. Olehnya pemerintah Kota Ambon akan men­dukung mendukung konsep tersebut.

Baca Juga: Ponpes Hidayatullah Jadi Pesantren Tangguh Nusantara

“BNI menyediakan layanan bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan transparansi publik melalui sistem pemerintahan berbasis elektronik. Layanan BNI sebagaimana dimaksud antara lain, penyediaan fasilitas pembiayaan atau kredit usaha rakyat maupun perumahan, pengembangan smart city, serta pemberdayaan dan peningkatan kapasitas usaha mikro, kecil dan menengah,” ujarnya.

Lanjut walikota, ia juga berharap, kedepan bukan saja ibu kota Provinsi Maluku yang dapat penandatanganan nota kesepahaman pemanfaatan fasilitas jasa layanan perbankan dan dukungan program smart city, tetapi seluruh pemerintahan di kabupaten/kota yang ada di Indonesia bisa bekerja sama dengan pihak BNI.

Ditempat yang sama, Wakil Direktur Utama PT BNI (Persero) Tbk, Adi Sulistyowati mengaku, perhatian Pemerintah kota Ambon terhadap perkembangan fasilitas dan jasa perbankan betul-betul mensuport program dimaksud.

“Harapannya akan lebih efisien dan efektif di dalam tata kelola keuangan, serta pelayanan publik masyarakat di daerah dan juga akan semakin meningkat,” ujarnya.

Bukan saja itu, sambung dia, kedepan BNI juga akan menggandeng bank daerah untuk berkolaborasi didalam membangun digital platform, guna membantu mengelola potensi daerah.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisutta, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latuponno, Direktur Hubungan Kelembagaan PT BNI (Persero) tbk, Sis Apik Wijayanto, Senior Vice President  PT BNI (Persero) tbk, serta sejumlah pejabat Pemerintah Kota Ambon. (S-52)