AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksikan hujan masih akan melanda Kota Ambon dan beberapa daerah di wilayah Maluku sampai dengan bulan Desember mendatang.

Sementara hujan yang melanda Kota Ambon dan sekitarnya kemarin terjadi lantaran dipengaruhi tiga faktor, yakni faktor global, regional dan lokal yang sementara aktif.

“Hujan diprediksikan masih akan melanda wilayah Ambon dan beberapa daerah di Maluku sampai dengan bulan Desember. Hujan di bulan Desember dikenal masyarakat dengan kemarau basah, artinya musim kemarau tetapi masih banyak hujannya,” ungkap Kepala Stasiun BMKG Pattimura Ambon, Ot Oral Sem Wilar kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Senin (5/10).

Selain itu kata dia,  faktor angin dan cuaca juga dapat mempengaruhi adanya gelombang tingggi di perairan Maluku.

“Angin dan cuaca dapat mempengaruhi adanya gelombang tinggi. Kita juga tidak bisa secara spesifik  memprediksi kedepan tidak ada gelombang atau tidak, namun kita akan tetap mengupdate data secara menerus hingga semua masyarakat juga dapat mengetahui informasi resmi yang bersumber dari BMKG,” ucapnya.

Baca Juga: Gempa 3,3 SR Guncang Ambon

Selain itu tambah dia, gelombang tinggi tidak bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal bahkan faktor internal, namun dapat juga secara tiba-tiba terjadi badai di Thailand atau Philipina, maka dapat berimbas ke Indonesia termasuk ke Maluku, sehingga sangat mempengaruhi cuaca. (Mg-5)