AMBON, Siwalimanews – Pemerintah pusat menilai Pemkot Ambon berhasil dalam upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

Untuk mengapresiasi yang yang dibuat oleh Pemkot Ambon tersebut, maka pemerintah pusat memberikan penghargaan serta alokasi insentif fiskal tahun 2023 sebesar Rp6,1 miliar.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan diterima Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M Wattimena, dalam rapat koordinasi nasional yang digelar, Jumat (10/11) di Istana Wapres.

Saat penyerahan penghargaan itu, Wapres berharap, dengan diberikannya penghargaan tersebut, maka dapat mendorong kinerja pemerintah. Selain itu, pemerintah juga mestiaksimalkan insentif itu, dalam mencapai target penghapusan kemiskinan ekstrem hingga nol persen pada tahun 2024.

“Maksimalkan dana insentif untuk memperkuat strategi penghapusan kemiskinan ekstrem, utamanya untuk kegiatan yang manfaatnya langsung diterima oleh masyarakat,” pinta Wapres.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Jamin Pelayanan Cathlab di RSUP Leimena

Sementara itu, Penjabat Walikota Ambon Bodewin M Wattimena mengaku, pemkot pada tahun 2023 telah memenuhi dua indikator untuk mendapatkan insentif dari pempus, yakni terkait penghapusan kemiskinan ekstrim, dan kemampuan daerah untuk penyerapan belanja daerah.

Keberhasilan itu, lanjut walikota tidak terlepas dari kinerja jajaran pemkot, sehingga menjadi motivasi semua aparatur.

“Ini merupakan hasil kerja keras kita bersama sehingga patut diapresiasi,” ujar walikota.

Alokasi insentif itu kata walikota, nantinya dapat diperuntukan untuk program-program prioritas pemkot yang pada intinya, insentif tersebut akan dimaksimalkan dengan baik demi pembangunan di kota Ambon.

“Yang pasti alokasi insentif yang kita terima ini akan dimaksimalkan demi pembangunan Kota Ambon,” janji walikota.(Mg-03)