AMBON, Siwalimanews – Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara Maluku, minta Irjen Tambunan selaku Kapolda Maluku yang baru, menuntaskan sejumlah kasus dugaan korupsi di Maluku yang ditinggalkan kepalda lama.

Koordinator BEM Nusantara Maluku Adam Rahantam kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (30/7), menyambut baik mutasi Kapolda Maluku yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Rahantan bilang, mutasi pejabat memang sesuatu yang biasa dalam institusi kepolisian, apalagi Irjen Pol Lotaria Latif telah sangat lama menjadi Kapolda Maluku.

“Memang Kapolda sebelumnya itu meninggalkan sejumlah kasus yang sampai sekarang belum tuntas, maka harus menjadi catatan penting bagi Kapolda baru,” ujar Rahantan.

Kapolda yang baru kata Rahantan, harus menempatkan kasus-kasus korupsi sebagai skala prioritas untuk dituntaskan agar tidak dipertanyakan publik.

Baca Juga: Personel Polres Tual dan Brimob BKO Akhirnya Berdamai

“Kapolda yang baru ini harus lebih baik dari yang sebelumnya agar kepercayaan publik terhadap Polda Maluku dapat kembali pulih,” tegasnya.

Rahantan juga meminta Kapolda yang baru, untuk melakukan pembinaan kepada seluruh personel Polri di wilayah hukum Polda Maluku pasca bentrok antara personel Brimob dengan Polres Tual.

Bahkan bagi anggota brimob yang menjadi dalang dari persoalan itu harus diproses sesuai aturan agar ada efek jerah, sebab sebagai satu institusi mestinya saling menjaga wibawa Polri.

“Bentrok antar Brimob dengan Polres Tual itu juga harus jadi perhatian serius kapolda yang baru agar kedepan tidak ada lagi kejadian serupa yang dapat mencoreng institusi Polri,” tandasnya.(S-20)