AMBON, Siwalimanews – Babinkum TNI yang dipimpin Kabid Gakkum Babinkum TNI Kolonel CHK K) Sri Wiydastuti menyambangi Kodam XV Pattimura, guna melakukan penyuluhan hukum, Kamis (22/8).

Kegiatan tatap muka diikuti oleh peserta dari TNI AD (prajurit Kodam XV Pattimura), TNI AU, TNI AL serta PNS yang ada di wilayah Ambon, juga di ikuti secara virtual bagi satuan yang ada di luar pulau Ambon, di Makorem 151 Binaiya.

Kabid Gakkum Babinkum TNI Kolonel CHK (K) Sri Wiydastuti, dalam sambutan mengaku tujuan penyuluhan hukum di lingkungan TNI adalah untuk mewujudkan kesadaran hukum prajurit serta meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan hukum, sehingga diharapkan dapat mengurangi angka pelanggaran hukum.

“Masih ditemukannya beberapa kasus atau pun permasalahan hukum yang melibatkan anggota TNI dan PNS, baik sebagai pelaku maupun korban, menunjukkan pentingnya penyuluhan ini, “ ujar Wiydastuti.

Ia berharap, seluruh peserta dapat mengikuti penyuluhan dengan penuh rasa tanggung jawab, mempelajari setiap materi dan permasalahan yang belum diketahui.

Baca Juga: Pemkot Ambon Butuh Banyak PNS Baru

Sementara itu, Pangdam XV Pattimura Mayjen TNI Syafrial, dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam Brigjen TNI Nefra Firdaus, menekankan, pelanggaran prajurit menunjukkan budaya patuh hukum dan disiplin masih perlu ditingkatkan.

“Penyuluhan hukum ini penting, sebagai sarana pembinaan untuk memberikan penerangan hukum yang memadai kepada semua prajurit, serta menumbuhkan budaya taat hukum dan disiplin yang tinggi di semua lapisan prajurit,” tegasnya.

Pangdam juga mengingatkan disiplin yang rusak, dapat mengganggu pelaksanaan tugas dan merugikan diri sendiri, keluarga, serta satuan.

Menjelang Pilkada serentak dan tugas pengamanan di wilayah Maluku dan Maluku Utara, Pangdam mengingatkan pentingnya pemahaman hukum untuk menghindari pelanggaran dan menjaga stabilitas keamanan. (S-10)