AMBON, Siwalimanews – Hingga kini sejumlah aset daerah milik Pemerintah Provinsi Maluku terbengkalai, dan belum dikelola secara maksimal, padahal anggaran daerah telah dikuras untuk mem­bangun aset-aset tersebut.

Sebut saja, Baileo Siwalima, Kapal Siwalima, Pasar Higenis. Sejumlah aset daerah ini jika dikelola dengan baik, bisa menambah income dalam meningkatkan pendapatan asli daerah.

Menanggapi hal itu, Penjabat Gu­bernur Maluku, Sadali Ie berjanji akan memaksimalkan seluruh aset milik pemerintah daerah.

Penegasan ini diungkapkan Sadli kepada Siwalima di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (19/8)

“Kedepan seluruh potensi daerah akan dimaksimalkan termasuk melalui aset-aset daerah yang saat ini belum maksimal,” ungkap Sadali.

Baca Juga: 24 Agustus, Rapimprov I Kadin Maluku Digelar

Untuk memaksimalkan aset dae­rah, kata Sadli, Pemerintah Provinsi Maluku telah menerbitkan Peraturan Daerah tentang Pendapatan Asli Daerah.

Perda tersebut menjadi payung hu­kum bagi pemerintah daerah da­lam menata kembali dan memak­si­malkan pengelolaan aset daerah gu­na peningkatan pendapatan daerah.

“Seluruh potensi ini termasuk aset daerah harus kita manfaatkan dalam menunjang pendapatan asli daerah yang bermuara pada proses pembangunan Maluku,” tegas Sadli.

Sadli optimis jika pengelolaan aset daerah dilakukan maksimal maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Maluku. (S-20)